Ini 10 Tips Agar Ibu Cepat Pulih Usai Menjalani Operasi Caesar!

0
1022
Operasi Caesar
Copyright ©kompas

Ini 10 Tips Agar Ibu Cepat Pulih Usai Menjalani Operasi Caesar!

Indowarta.com – Setelah melahirkan terlebih untuk ibu yang melahirkan dengan Operasi Caesar, tidak berarti ibu bisa menjalanan aktivitas seperti biasanya. Para ibu tentunya akan mengalami sejumlah hal yang kurang nyaman dan tak seperti biasanya.

Namun jangan khawatir karena ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pemulihan setelah Operasi Caesar dengan cepat dan mudah. Berikut ini ada 10 tips untuk para ibu setelah menjalani operasi ketika melahirkan sang buah hati. Sepuluh tips ini didapat dari buku karangan Nadia Indivara (2009) dengan judul ‘200 Tips Ibu Smart Anak Sehat’.

Tips kesehatan pertama yakni jangan membawa beban berat setelah melahirkan. Hal itu tdia diperbohkan karena untuk ibu yang baru saja menjalani operasi saat melahirkan masih lemah dan rasa nyeri akibat operasi pun masih terasa. Setelah satu bulan biasanya kondisi akan mulai membaik, namun harus tetap dengan istrahat dan makan yang cukup.

WAJIB BACA :  Sering Disepelekan, 3 Penyakit Ini Kerap Mengganggu Saat Berkendara !
Operasi Caesar
Copyright ©hello sehat

Kedua menghadapi masa nifas yang selalu dialami oleh ibu setelah melahirkan dengan tenang dan nyaman. Masa ini biasanya terjadi setelah 6 minggu setelah melahirkan. Seorang ibu akan pulih sempurna seperti sebelum hamil setelah tiga bulan dan untuk memulihkan kondisi tersebut perlu makan bergizi, olahraga serta istirahat yang cukup.

Ketiga yakni untuk memulihkan lebih cepat pasca Operasi Caesar jangan berhubungan intim terlebh dahulu. Tubuh setelah melahirkan perlu pemulihan, begitu pula dengan organ seksual dan sebaiknya tunggu 4 hingga 6 minggu.

Keempat yakni dengan banyak bergerak jika memungkinkan karena dengan ini akan membantu proses pemulihan. Selain itu ibu juga bisa meminta sang ayah atau orang lain untuk menjaga si buah hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here