Heboh Adanya Garam Dapur Dicampur Pecahan Kaca, Ini Penjelasan BPOM

0
1403
Garam Dicampur Pecahan Kaca
Copyright©tribunjateng

Heboh Adanya Garam Dapur Dicampur Pecahan Kaca, Ini Penjelasan BPOM

Indowarta.com – Kelangkaan salah satu bahan utama dapur yakni garam kini semakin membuat khawatir masyarakat Indonesia. Apalagi beberapa waktu terakhir ini beredar video mengenai Garam Dicampur Pecahan Kaca semakin menambah khawatir masyarakat.

Dengan beredarnya video yang menunjukan Garam Dicampur Pecahan Kaca itu tentunya semakin membuat para ibu semakin waspada. Isu yang muncul ditengah kelangkaan garam ini tentu bukan hanya merugikan konsumen, namun juga produsen garam.

Video itu sendiri menjadi viral sejak ditayangkan disalah satu stasiun berita televisi pada Sabtu, 19 Agustus 2017. Dalam video itu menunjukan seolah-olah produk garam dapur membuat konusmen panik. Hal itu karena munculnya rasa takut terhadap garam yang diduga megandung pecahan kaca saat digunakan.

WAJIB BACA :  Viral, Video Bubuk Kopi Instan Terbakar, Begini Penjelasan Badan POM !

Terlihat dalam video tersebut seorang ibu menjelaskan garam cap ‘dua anak’ yang diduga bercampur kaca. Selain itu ada lagi video lainnya yang mengatakan setelah proses penyaringan ditemukan kandungan kaca di garam bermerek ‘kerapan sapi’.

 Garam Dicampur Pecahan Kaca
Copyright©monitor

Terkait dengan beredarnya kabar Garam Dicampur Pecahan Kaca ini masyarakat sendiri perlu memahami mengenai garam dapur. Garam sendiri mengandung yodium dan terdiri dari senyawa kimia natrium klorida (NaCl).

Sedangkan dalam proses pembuatan garam terjadi kristalisasi garam yang akan menghasilkan kristal NaCl berbentuk kubus. Bentuk kubus yang berasal dari NaCl ini naitnya akan dihaluskan dan kristal garam tersebut akan pecah menyerupai pecahan kaca.

Mengenai isu video garam yang terdapat pecahan kaca didalamnya ini pun mendapat tanggapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM melakukan pengujian sejumlah merek garam dapur yang sering dikonsumsi khususnya merek yang diisukan terdapat pecahan kaca.

WAJIB BACA :  Susu Kental Manis Dinilai Kurang Sehat, hingga BPOM Turun Tangan !

Hasil dari uji tersebut yakni garam larut sempurna di dalam air dan tidak ditemukan kandungan pecahan kaca. Klarifikasi mengenai tidak benranya isu Garam Dicampur Pecahan Kaca ini disampaikan BPOM melalui laman resminya pada 18 Agustus 2017 lalu.

Selain itu Badan POM juga menyarankan kepada konsumen untuk selalu menjadi konsumen yang cerdas. Konsumen diharapkan selalu melakukan cek KLIK yakni Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluwarsa sebelum membeli produk obat dan makanan salah satunya garam ini.

baca juga : Heboh Video Youtube Hot TKW Rekam Aksi Majikan Paksa Hubungan Badan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here