7 Kebaikan Puasa Arafah Untuk Jiwa Sekaligus Raga!

0
1588
puasa arafah
Copyright ©Dailymoslem

7 Kebaikan Puasa Arafah Untuk Jiwa Sekaligus Raga!

Indowarta.com – Menjelang Idul Adha pada Jumat, 1 September 2017 mendatang, umt Islam dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa arafah. Meski tidak wajib, berpuasa tetap mendatangkan berbgai kebaikan bgi jiwa dan raga. Pasalnya, puasa bukan sekadar menahan lapar dan haus, namun jua mengedalkan emosi.

Berbagai penelitian menunjukkan berpuasa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan lho, yang penting pastikan Anda mengkonsumsi banyak makanan sehat dan menjaga diri terhidrasi dengan baik.

Dilansir dari Boldsy, berikut ini beberapa kebaikan puasa arafah untuk jiwa sekaligus raga.

Baca Juga Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah, Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Tanggal 30-31 Agustus, Sekaligus Keutamaan Pahala Di Dalamnya !

  1. Memangkas berat badan

Buat Anda yang memiliki berat badan berlebih, tak ada salahnya untuk menjalankan ibadah puasa sunah. Selain mendapatkan pahala, puasa juga bisa memangkas berat badan juga.

Anda cukup menghindari konsumsi banyak makanan manis dan berminyak selama sahur atau berbuka puasa agar berat badan terkendali, bahkan turun. Jika makanan yang dikonsumsi seimbang dan sehat, maka berat badan bisa turun.

ilustrasi puasa Dzulhijjah
Copyright©Bintang
  1. Meningkatkan kontrol diri

Berpuasa merupakan cara bagus untuk meningkatkan kontrol diri, terutama soal makanan. Kita selalu dapat menarik inspirasi dari pengendalian diri dengan berolahraga dan melakukannya setiap merasa lapar.

  1. Menurunkan kolestrol

Saat puasa, orang cenderung menghindari makanan cepat saji. Hal ini membantu mengurangi kadar lemak darah dan kolestrol.

  1. Mengurangi kecanduan

Berpuasa juga bisa membuat orang mampu menahan diri untuk tidak merokok. Kebiasaan ini akan membantu mereka berhenti sejenak dri kecanduan, bahkan mengekang kebiasaan itu sepenuhnya.

Baca Juga Keutamaan Puasa Dzulhijjah Bagi yang Menjalankannya!

  1. Menusir racun tubuh

Berpuasa termsuk cara yang baik untuk mendetokfiksi sistem tubuh. Sebab, tubuh mendapatkan istirahat dari asupan rutin makanan, terutama makanan ‘sampah’. Pusa dapat membantu proses detoksifikasi dan menjaga kita tetap sehat.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Puasa dapat meningkatkan kekebelan tubuh hingg batas tertentu, seperti sistem tubuh didetokfikasi. Selain itu, karena sistem pencernaan dapat menghasilkan cairan lebih sehat.

  1. Mencegah hipertensi

Sat berpuasa, tingkat metabolisme tubuh akan berkurng. Begitu juga kadar lemak darah, yang pada gilirannya membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan penyakit lain yang terkait.

Nah, itu tadi 7 manfaat yang Anda akan dapatkan jika melaksanakan puasa arafah.

Baca Juga Pengertian, Hukum dan Keutamaan Puasa Sunah Tarwiyah 30 Agustus 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here