Cara Alami Meredakan Gusi Bengkak!

0
819
ilustrasi gusi bengkak
Copyright©Sehat99

Cara Alami Meredakan Gusi Bengkak!

Indowarta.com Gusi bengkak biasanya dikenal sebagai radang gusi, yang dianggap sebagai tahap pertama penyakit periodontal. Radang gusi ini disebabkan oleh pembentukan plak yng tidak selalu hilang setelah menyikat gigi.

Jika sudah mengalami masalah ini, tentu akan membuat seseorang melakukan berbagai hal. Alah satunya yakni dengan berkonsultsi ke dokter gigi.

Namun sayangnya sebagian orang mengaku malas untuk pergi ke dokter gigi. Nah, jangan langsung panik. Pasalnya ada berbagai macam bahan alami yang mengandung khasiat untuk melawan gusi bengkak.

Baca Juga Sering Mengalami Gusi Berdarah Saat Hamil, Normal ?

Sifat pada bahan alami ini dapat mencegah komplikasi timbul dan juga mengurangi pembengkakan. Meski bahan alami ini harus digunakan bersamaan dengan produk kesehatan umum, mereka dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses pemulihan gusi yang bengkak itu.

WAJIB BACA :  Hal yang Musti Kamu Ketahui Soal Gigi Gingsul!
Cara Alami Meredakan Gusi Bengkak!
Copyrigth©mulaisehat
  1. Lemon

Sifat alkali dan antibiotik jus lemon ini juga membantu dalam mengatasi kondisi ini. senyawa asamnya menghilangkan bekteri berbahaya dan mengurangi peradangan gusi yang disebabkan oleh infeksi. Anda bisa menggunakannya dua kali sehari.

  1. Air hangat dan garam

Obat kumur yang dibuat dari air hangat yang dicampur dengan garam bisa memberi kelegaan pada pendarahan dan gusi bengkak. Hal ini lantaran garam memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang menurunkan keberadaan bakteri pada daerah yang terkena.

Namun, hindari menelan campuran ini lantaran menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Anda bisa menggunakannya dua ata tiga kali sehari.

Baca Juga Gusi Berdarah dan Gejala Diabetes yang Sering Sekali Diabaikan!

  1. Jus Blueberry
WAJIB BACA :  Gigi Geraham Anda Berlubang Dan Sakit, Ini yang Harus Dilakukan !

Jus blueberry adalah salah satu minuman yang kaya antikoksidan yang memperkuat sitem kekebalan tubuh dan mengurangi kerentanan terhadap infeksi. Mengonsumsi blueberry dapat mengendalikan pembengkakan, pendarahan dan menghilangkan keberadaan kuman.

  1. Cuka Apel

Asam alami dari cuka apel mampu menyeimbangkan pH mulut dan lingkungan bakteri yang menyebabkan infeksi. Menggunakan cuka sari apel sebagai obat kumur alami sangat bagus untuk gusi bengkak dan bau mulut.

Nah, itu tadi sederet bahan alami yang diklaim mampu meredakan pembengkakan pada gusi. Namun jika Anda sudah mencoba cara tersebut namun pembengkakan tersebut tak kunjung berkurang, maka alangkah baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter gigi.

Baca Juga Apa yang menyebabkan Gusi Berdarah, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here