Penjelasan BMKG Soal Hujan Guyur Satu Rumah di Tebet!

0
1106
hujan guyur satu rumah di tebet
Copyright ©Tribunnews

Penjelasan BMKG Soal Hujan Guyur Satu Rumah di Tebet!

Indowarta.com – Belum lama ini sebuah rumah di tebet, Jakarta Selatan diguyur hujan misterius sebab hanya terjadi di rumah tersebut dan dalam durasi yang lumayan lama. BMKG sendiri menyebut kalau hal itu sebagai fenomena langka dan sulit terjadi.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Informasi Meteorologi Publik BMKG Mulyono Prabowo, jika dilihat dari skala ruang dan waktu, hujan guyur satu rumah di Tebet itu sulit terjadi. Apalagi melihat dimensi rumah yang hanya 5×5 meter.

Selain itu, untuk hujan setempat atau lokal saja cakupan wilayahnya juga cukup besar. Durasi hujan jug tidak terlalu lama seperti hujan guyur satu rumah di Tebet tersebut yang mulai sekitar 18.00 hingga 24.00 WIB.

WAJIB BACA :  Sepekan Ini, BMKG Sebut Indonesia Telah Diguncang Gempa Selama 9 Kali!

Baca Juga Presenter TVOne Windy Wellingtonia Dihujani Komentar Pedas Netizen Saat Dianggap Hina Presiden Jokowi!

“Kalau hujan lokal mungkin sebagian kelurahan, sebagian kecamatan agak lebih luas. Misalkan Thamrin hujan, sebelahnya tidak. Itu relatif eaktunya tidak akan selama 6 jam. Dalam hitungan setengah jam tapi areanya juga tidak sempit sekali. Meskipun kita sebut hujan lokal tidak sampai skala 10×10 meter,” ujar Mulyono.

hujan guyur satu rumah di tebet
Copyright ©Twitter

Selain itu Mulyono juga mengatakan, ketinggian awan saat musim kemrau menjadikan hujan guyur satu rumah di Tebet sulit terjadi. Ketinggian awan saat musim kemarai yakni 700 meter hingga 1 kilometer.

“Ambil antara 500-700 meter di atas permukaan. Kemudian kalau itu jatuh hanya pas satu rumah dan itu pada jangka waktu yang lama 6 jam, itu banyak channel dari awan turun ke rumah itu,” ujar Mulyono.

WAJIB BACA :  Ini Penjelasan BMKG Denpasar Soal Wilayah Bali Mendadak Diguyur Hujan!

Kemudian ia menambahkan, “Pada kondisi musim kemarau potensi hujan lokal seperti ini mudah sekali terganggu karena ada angin jadi mudah bergeser”.

Baca Juga BMKG: Hujan Disertai Petir Diprediksi Akan Landa Jabodetabek!

Peristiwa hujan yang hanya mengguyur satu rumah warga itu terjadi di Jalan Tebet Barat Dalam 1, Jakarta Selatan pada Sabtu 26 Agustus 2017. Kabar mengenai hujan ekslusif itu diunggah di akun Twitter @febicil dan kini menjadi viral di jagat maya.

Hujan yang hanya mengguyu satu rumh itu membuat warga penasaran dan berbondong-bondong datang. Ada yang numpang mandi, hingga menyimpan ai hujan itu. Hujan semacam itu memang sangat langka terjadi, tak heran jika membuat masyarakat menganga.

Baca Juga BMKG Sebut Banjir Di Padang Akibat Hujan Ekstrem!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here