SEA Games: Jelang Penutupan, Kontingen Indonesia Gagal Capai Target!

0
976
sea games
Copyright©detiksport

SEA Games: Jelang Penutupan, Kontingen Indonesia Gagal Capai Target!

Indowarta.comSEA Games tahun 2017 yang digelar di Kuala Lumpur Malaysia akan segera selesai. Penutupan pagelaran terbesar se-Asia Tenggara ini dijadwalkan akan dilangsungkan di Nation Stadium pada Rabu, 30 Agustus 2017.

Tuan rumah Malaysia dalam gelaran SEA Games kali ini sudah dipastikan menjadi juara umum. Cukup diketahui dalam SEA Games 2017 ini mempertandingan 38 cabang olahraga dengan memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak dan 529 perunggu.

Sampai saat ini Malaysia sudah mengumplkan sebanyak 315 medali dengan rincian 140 medali emas, 91 medali perak dan 84 perunggu. Perolehan tersebut nampaknya tak akan terkejar oleh Thailand mengingat jika pada hari terakhir hanya delapan medali emas yang diperebutkan.

WAJIB BACA :  SEA Games: Manajer Timnas Indonesia Pertanyakan Kartu Kuning Evan Dimas!

Delapan medali emas yang akan diperebutkan di hari terakhir diantaranya hadir dari tiga cabag olahraga yakni loncat indah, ice skating dan angkat besi. Berbanding terbalik dengan Malaysia yang terlihat mulus memperoleh medali, kontingen Indonesia justru gagal mweujudan target yang dipatok pemerintah.

SEA Games 2017
Copyright©wikimedia

Indonesia dalam ajang SEA Games tahun ini ditargetkan membawa pulang 55 medali emas dan 95 medali perak. Kontingen Indonesia dianggap gagal memenuhi target itu pasalnya hingga hari terakhir atlet Merah Putih hanya mampu mengumpulka sebayak 189 medali. Rincian dari medali yang dikumpulkan tersebut yakni 38 emas, 62 perak dan 89 perunggu.

Dari perolehan tersebut mengakibatkan Indonesia hingga hari terakhir masih tertahan di posisi kelima klasemen perolehan medali SEA Games 2017. Penurunan jelas terlihat dari prestasi atlet Merah Putih pada gelaran kali ini.

WAJIB BACA :  SEA Games: Evan Dimas Minta WNI Penuhi Laga Indonesia Vs Malaysia!

Nampak jika dibandingkan dengan penyelenggaraan event dua tahun di Singapura prestasi Indoensia jelas menurun. Tercatat pada saat itu Indonesia berhasil mengumpulkan 47 medali emas dan hasil kurang memuaskan kali ini pun bisa menjadi catatan khusus bagi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dari hasil SEA Games ini akan menjadi catatan serius pemerintah Indonesia dan kedepannya supaya benar-benar serius meningkatkan prestasi atlet. Hal itu wajib dilakukan mengingat tahun depan tepatnya 2018 Indoneisa akan menjadi tuan rumah gelaran Asian Games 2018.

Mengenai penurunan prestasi atlet Indonesia ini sendiri juga ditanggapi oleh Sekertaris Menpora, Gatot S Dewa Broto. ‘Dengan perolehan ini masih jauh dari harapan. Pemerintah sebelumnya menargetkan di posisi empat’ ujarnya.

WAJIB BACA :  Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Timnas U22 Kalahkan Filipina di SEA Games 2017!

Denagn ini Kemenpora sendiri berjanji akan melakukan evaluasi mengapa atlet Indonesia gagal mencapai target yang dicanagkan pemerintah dalam acara SEA Games 2017 Kuala Lumpur kali ini.

baca juga : Berita Terkini: Malaysia Tembus 100 Medali Emas SEA Games 2017, Indonesia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here