Pengertian dan Cara Pengobatan Kolesterol Tinggi!

0
3214
kolesterol tinggi
Copyright ©jihanherbal

Pengertian dan Cara Pengobatan Kolesterol Tinggi!

Indowarta.com – Sering kali seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih sehingga memicu naiknya kolesterol dalam tubuh. Jika Anda menderita Kolesterol Tinggi biasanya dokter akan terlebih dahulu menyarankan untuk megubah pola makan, tidak merokok serta menambah kegiatan olahraga.

Namun saran dari dokter ini pun bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari meskipun tubuh dalam keadan sehat. Dengan mengatur pola makan dan olahraga secara teratur dapat membantu mencegah Kolesterol Tinggi.

Menjaga pola makan dapat dilakukan dengan megonsumsi makanan sehat yang mengandung lemak jenuh rendah. Denagn itu dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Hindari makanan mengandung lemak jenuh tinggi seperti daging kambing, bebek dan kulitnya, kulit ayam, jeroan, otak sapi, santan, kerupuk, telur dan lain sebagainya.

WAJIB BACA :  Sering Disepelekan, 3 Penyakit Ini Kerap Mengganggu Saat Berkendara !

Diketahui jika Kolesterol Tinggi atau hiperkolesterolemia merupakan keadaan dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan.

kolesterol tinggi
Copyright ©penyebabkolestrol

Kondisi kolesterol yang lebih dari normal dapat meningkatkan resiko terkena penyakit serius. Penyakit yang dikaitkan dengan kolesterol biasanya pengendapan kolestrol di pembuluh darah mulai dari stroke hingga serangan jantung.

Kolesterol sendiri sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mebangun sel-sel yang baru supaya tubuh bisa berfungsi secara normal. Selain itu kolesterol juga dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu yang digunakan untuk mencerna lemak.

WAJIB BACA :  Waspada, Ini 6 Penyakit di Musim Hujan yang Jadi Langganan!

Dampak dari kolestrol tinggi yakni kolesterol tersebut akan mengendap pada pembuluh arteri. Jika sudah terjadi maka aliran darah di jantung, otak dan bagian tubuh lainnya akan terhambat. Bisa dikatakan jika seseorang mengalami hal ini dikatakan terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah, stroke ringan, stroke dan serangan jantung.

Mengatasi Kolesterol Tinggi biasanya mempraktikan gaya hidup yang sehat yakni dengan mengatur pola makan dan berolahraga. Jika sudah melakukan gaya hidup sehat namun kolestrol juga belum turun maka dokter menyarankan untuk mengkonsumsi obat penurun kolestrol. Beberapa obat penurun kadar kolesterol dalam darah yang bisa diresepkan dokter diantaranya statin, spirin dan ezetimibe.

baca juga : Ini 10 Tips Agar Ibu Cepat Pulih Usai Menjalani Operasi Caesar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here