Ikut Kunjungan Ke Luar Negeri, Kaesang dan Gibran Bayar Sendiri Lho!

0
1450
Gibran dan Kaesang
Copyright ©Twitter/MataNajwa

Ikut Kunjungan Ke Luar Negeri, Kaesang dan Gibran Bayar Sendiri Lho!

Indowarta.com – Kedua putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka angkat bicara soal keikutsertaan mereka dalam kunjungan kerja yang yang dilakukan sang Ayah di Turki dan Jerman pada bulan Juli 2017 lalu.

BACA JUGA : Polisi Resmi Berhentikan Laporan Muhammad Hidayat Soal Vlog Kaesang ‘Ndeso’!

Dalam kunjungan tersebut, tidak hanya Kaesang dan Gibran yang ikut serta, namun anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu, dan istri Gibran Selvi Ananda serta dengan anak Jan Ethes Sri Narendra juga ikut dalam kunjungan tersebut.

Melihat keikutsertaan dari keluarga Jokowi dalam kunjungan kerja keluar negeri itu sudah menjadi sorotan publik, banyak timbul tanggapan pro dan kontra. Terkait dengan ini, dua putra Jokowi menjelaskan, kalau mereka sudah membayar sendiri untuk perjalanan kunjungan tersebut ke khas negara.

WAJIB BACA :  Jusuf Kalla Akui jika Dana Riset di Indonesia Masih Rendah !

Akan tetapi, mereka memang secara kompak memilih untuk tidak memberikan klarifikasi hal tersebut secara luas kepada publik. “(Bayar sendiri) kan enggak perlu disebutkan,” ujar Gibran di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/17).

Gibran menilai, kalau klarifikasinya tersebut akan berujung sia-sia untuk dilakukan. Keluarganya akan tetap dipandang tidak pantas, tidak etis, dan sebagainya. “Orang yang sudah terlanjur benci, dikasih klarifikasi, percuma. Ya dijawab saja, iya (biaya perjalanan) dari APBN,” ungkap dia, sembari tertawa.

Kaesang dan Gibran
Copyright ©Cornelius Bintang/kumparan

Sedangkan Kaesang sendiri mengaku kalau dalam perjalannya ke dua negara bersama dengan sang ayah telah ditanggung oleh Gibran. “Aku enggak bayar. Aku ditraktir (Gibran),” tuturnya.

BACA JUGA : Main Vlog di Youtube, Berapa sih Penghasilan yang Diperoleh Kaesang?

Kaesang sendiri juga menyatakan sependapat dengan kakaknya, kalau klarifikasi itu tidak perlu untuk diumbar ke publik. Karena Kaesang sendiri yakin kalau klarifikasi yang akan dilakukan itu belum tentu dapat diterima oleh masyarakat.

WAJIB BACA :  Berita Hari Ini, Jokowi Lantik Ridwan Kamil dan 8 Gubernur Lainnya !

“Yang kayak gitu orang enggak usah tahu juga. Kalau kita kasih tahu (bahwa keluarga Jokowi membayar sendiri biaya perjalanan), pasti nanti (dibilang), oh enggak mungkin. Mau kami kasih bill-nya pun percuma,” ucapnya.

Kaesang mengatakan alasan keluarga ikutserta dalam kunjungan Jokowi ke Turki dan Jerman. Hal itu karena mereka ingin menjadikan momen tersebut sebagai ajang untuk dapat berkumpul dengan keluarga.

“Aku kan di Singapura, Mas Gibran di Solo. Waktunya jarang untuk bisa kumpul. Jadi ya itu sebenarnya untuk kumpul-kumpul,” pungkasnya.

“Bukan temu kangen, ya. Wong kita enggak saling kangen kok,” sambungnya sambil tertawa.

BACA JUGA : Ketika Keluarga Novel Baswedan Tagih Janji Presiden Jokowi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here