Sejak Reformasi, Prestasi Indonesia di SEA Games Makin Terpuruk!

0
835
SEA Games
Copyright ©bbc

Sejak Reformasi, Prestasi Indonesia di SEA Games Makin Terpuruk!

Indowarta.com – Menjelang penutupan SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia Indonesia masih terpuruk di urutan lima denga perolehan 32 medali emas pada Senin, 28 Agustus 2017. Dari perolehan ini dipastikan target 55 medali emas dan menemati posisi keempat yang dicanangkan oleh pemeritah dirasa akan sulit diwujudkan.

Diatas kertas Indonesia susah untuk memenuhi target yang dicanangkan oleh pemerintah. Jika ingin menempati posisi empat Indonesia harus menggeser Singapura yang berselesih 16 medali emas.

Nampaknya prestasi atlet Indonesia dalam ajang SEA Games kali bisa dibilang menurun. Gelaran terbesar se Asia Tenggara ke 29 yang digelar di Kuala Lumpur ini indoensia membawa 530 atlet resmi untuk mengikuti 36 cabang olah raga. Beberapa cabang olahraga seperti halnya bulu tangkis semula ditargetkan membawa medali emas ternyata meleset. Sejumlah atlet yang diunggulkan seperti renang, angkat besi, lari dan juga bulu tangkis tak banyak bicara pada SEA Games 2017 kali ini.

WAJIB BACA :  SEA Games: Jelang Laga Indonesia Vs Kamboja, Pemain Timnas U22 Diharapkan Bermain Lepas!
SEA Games
Copyright ©bbc

Tercatat menjelang berakhirnya SEA Games di Malaysia ini Indonesia berhasil mengumpulkan 38 emas, 62 perak dan 89 perunggu. Perolehan emas Indonesia ini cenderung menurun jika dibandingkan dengan SEA Games tahun lalu di Singapura. Saat itu Indonesia juga mentok di peringkat lima, namun dengan mongkoleksi 47 medali emas.

Demikian pula pada SEA Games Myamar tahun 2013, Indonesia berhasil mengumpulkan 65 medali emas dan berada di peringkat ke empat. Jika dilihat dari tiga perhelatan ini menunjukan jika prestasi Indonesia semakin menurun, bahkan bisa dikatakan itu terjadi sejak reformasi.

Pasalnya sebelum reformasi Indonesia pernah berjaya di gelaran terbesar se Asia Tenggara ini. Seperti diketahui jika pesta olahraga negara-negara di wilayah Asia Tenggara ini digelar sejak tahun 1959.

WAJIB BACA :  Klasemen Sementara Medali SEA Games 2017, Indonesia Digeser Oleh Myanmar!

Indonesia sendiri mulai terlibat sejak SEA Games 1977 di Kuala Lumpur dan saat itu pula Indonesia langsung menyabet juara umum. Dalam tiga ajang berikutnya yakni kurun waktu 1979, 1981 dan 1983 Indonesia berturut-turut menjadi nomer satu mengungguli Thailand yang sebelumnya semepat mendominasi.

Anjloknya prestasi atlet Indonesia dalam ajang SEA Games juga diungkapkan oleh Sekertaris kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot Dewa Broto. ‘Memang dulu kita pernah berjaya dengan menjuarai ajang SEA Games sebanayak 10 kali. Namun trendnya setelah reformasi justru prestasi semakin menurun’ ujarnya.

Dikatakan jika dukungan anggaran dari pemerintah dibalik kisah olahraga Indonesia di masa lalu juga dibenarkannya. Hal itu terbalik sekarang yakni tak ada dukungan anggaran yang signifikan menjadi salah satu penyebab turunya prestasi Indonesia serta kalah bersaing dengan negara-negara tetangga.

baca juga : SEA Games: Jelang Penutupan, Kontingen Indonesia Gagal Capai Target!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here