Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW!

    0
    2028
    Sapi Kurban,
    Copyright ©alumniipb

    Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW!

    Indowarta.com – Sejumlah ulama mengatakan kalau berkurban di  Hari Idul Adha itu lebih utama dibandingkan dengan sedekah yang nilainya sama. Terlebih paling utama daripada membeli daging seharga dan lebih mahal dari harga binatang kurban kemudian dagingnya sudah disedekahkan.

    BACA JUGA : Niat Puasa Tarwiyah Sambut Hari Raya Idul Adha Rabu 30 Agustus 2017!

    Hal ini karena tujuan utama dalam berkurban adalah taqarrub kepada Allah lewat penyembelihan. (Asy Syarhul Mumti’ 7/521 dan Tuhfatul Maulud hal. 65). Ada beberapa perihal mengenai binatang yang pantas untuk dikurbankan, yaitu bintang ternak, sudah mencapai usia musinnah dan Jadza’ah, tak cacat.

    WAJIB BACA :  Berita Terkini: Jasa Marga Prediksikan Puncak Arus Mudik Libur Hari Raya Idul Adha terjadi Mulai Hari Ini 9 September 2016 !

    Hingga sekarang ini, tidak sedikit umat muslim yang masih belum mengetahui cara menyembelih hewan kurban yang sudah dicontohkan dan dianjukan oleh Rasulullah SAW. Sehingga dengan itu, anda perlu memperhatikan sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban.

    Berikut cara menyembelih hewan kurban ada 2:

    Cara pertama, cara menyembelih hewan kurban dengan melukai bagian pangkal leher. Ini merupakan cara untuk menyembelih hewan kurban unta. Allah berfirman :

    وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُم مِّن شَعَائِرِ الله لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ فَاذْكُرُوا اسْمَ الله عَلَيْهَا صَوَافَّ فَإِذَا وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا

    Telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu bagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah… (QS. Al Haj: 36)

    WAJIB BACA :  Polisi Imbau Warga Tak Lakukan Takbir Keliling di Malam Idul Adha!
    hewan kurban
    Copyright ©Tribunnews

    Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma menjelaskan dari ayat diatas, satu kaki kiri depan diikat sehingga berdiri dengan tiga kaki.

    BACA JUGA : Keutamaan dan Manfaat Puasa Sunah Arafah Dilihat Dari Sisi Agamis Maupun Medis!

    Cara Kedua, cara menyembelih hewan kurban dengan melukai bagian leher atas, ini merupakan cara menyembelih binatang seperti kambing, sapi ayam dan lain-lain. Namun ada beberapa adab yang perlu diperhatikan:

    1. Hendaknya yang melakukan penyembelihan adalan shohibul, namun jika tidak mampu dapat diwakili.
    2. Gunakan piasu setajam mungkin, karena cara menyembelih hewan kurban yaitu semakin tajam pisau maka akan semakin baik. Ini berdasarkan hadir dari Syaddad bin Aus radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,
    WAJIB BACA :  Idul Adha: Bahaya Bungkus Daging Kurban Dengan Plastik Hitam!

    إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْح وَ ليُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ فَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ

    “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan dalam segala hal. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya.”(HR. Muslim).

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here