Telkom Belum Bisa Berikan Penjelasan Penyebab Bergesernya Satelit!

0
719
telkom
Copyright©indotekno

Telkom Belum Bisa Berikan Penjelasan Penyebab Bergesernya Satelit!

Indowarta.com – Seperti diektahui sebelumnya terjadi gangguan anomalia pada satelit Telkom 1 pada Jumat, 25 Agustus 2017. Gangguan ini berdampak pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1. Akibat dari kejadian tersebut membuat sejumlah layanan perbankan terganggu mulai dari kantor keuangan dan ATM.

Mengenai hal ini ditanggapi oleh Direktur Telekomunikasi Indonesia Alex J Sinaga. Dia mengatakan jika pihak telkom belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait dengan permasalahan yang kini tengah terjadi. Menurutnya permasalahan ini masih dalam pendalaman guna mencari penyebabnya.

‘Sebenarnya kita punya satelit pengendali dan juga kita pun juga kerjasama dengan pabrik pembuat. Saat ini belum bisa kami jelaskan karena masih didalami’ ujarnya saat ditemui di gedung Kemenkominfo, Jakarta pada Rabu, 30 Agustus 2017.

WAJIB BACA :  Berita Terkini : Menunggu Pergantian Dewan Direksi Telkom Di Hari Ini !

Alex menambahkan jika saat ini Telkom masih melakukan evaluasi terkait dengan pemasalahan satelit ini. Dia mengatakan jika saat ini pihaknya membutuhkan ahli yang benar-benar mengerti permasalahan ini guna mencari tau penyebab permasalahan baik dari Telkom maupun Expert.

telkom
Copyright©autotekno

‘Kami masih cari ahli yang bisa jelaskan penyebab gangguan di satelit kami. Sekali lagi kami tegaskan jika untuk saat ini kami belum bisa memberikan keterangan secara detail’ sambung Alex.

Mengenai permasalahan satelit Telkom 1 ini sendiri sebelumnya juga ditanggapi oleh Menteri komunikasi dan Informatika (Mekominfo), Rudiantara. Dia menuturkan jika pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap permasalahan yang terjadi pada satelit Telkom ini.

Diduga baterai menjadi salah satu penyebab pegeseran satelit milik telkom tersebut. ‘Setelah saya cek kemungkinan penyebabnya karena view baterai sudah habis sehingga tidak berfungsi. Jika dilihat secara teknis menurut saya satelit tersebut masih layak dipakai dan harus diorbitkan lagi’ ujar Rudiantara.

WAJIB BACA :  Usai Diluncurkan, Satelit Merah Putih Diperkirakan Beroperasi pada 16 September !

Akibat gangguan satelit Telkom ini membuat ribuan ATM tak bisa diopersikan secara nomral. Salah satunya dialami oleh bank BCA yakni sebanyak 5.000 ATM milik bank BCA tak bisa digunkan akibat gangguan satelit ini. Selaian ATM sebanyak 100 kantor kas keuangan juga merasakan dampak permasalahan satelit ini.

Bukan hanya bank BCA yang terganggu, namun sejumlah bank pun juga mengalami hal serupa. Bank yang mengalami gangguan termasuk bank-bank BUMN seperti halnya Bank BRI dan juga Bank Mandiri.

baca juga : Ada Gangguan Satelit Telkom, Ribuan ATM Bank Tak Bisa Beroperasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here