Malaysia Jadi Juara Umum SEA Games, Namun Kekalahan di Sepakbola Begitu Menyesakkan!

0
903
Klasemen Medali SEA Games
Copyright©sindonews

Malaysia Jadi Juara Umum SEA Games, Namun Kekalahan di Sepakbola Begitu Menyesakkan!

Indowarta.com – Setelah menjadi juara umum SEA Games 2017, Malaysia telah mencatat rekor dengan mengumpulkan 145 mendali emas, menjadi yang terbanyak dalam keikutsertaannya di ajang olah raga negara Asia Tenggara ini.

BACA JUGA : Sejak Reformasi, Prestasi Indonesia di SEA Games Makin Terpuruk!

Dengan jumlah perolehan tersebut, sudah melampaui perolehan pada SEA Games 2001 lalu, yang hanya mendapatkan 111 medali emas. Kesuksesan ini juga menjadi salah satu kado ulang tahun kemerdekaan negara tersebut dari Inggris yang tepat pada Kamis (31/8/17).

Sedangkan pada klasemen urutan kedua ditempati oleh juara bertahan Thailand dengan perolehan 72 medali emas, kemudian ada Vietnam di posisi ketiga dengan 58 mendali emas, Singapura pada posisi keempat dengan 57 medali emas, Indonesia mengoleksi 38 medali emas.

WAJIB BACA :  SEA Games: Luis Milla Percaya Diri dan Tak Akan Ubah Formasi Lawan Malaysia di Semifinal!

Sedangkan Filipina mengolekdi 24 medali emas, Kamboja 3 emas, dan Laos behasil mengumpulkan 2 mendali emas. Sedang dua negara Asia Brunai dan Timor Leste harus pulang dengan tangan kosong tanpa membawa mendali emas dalam ajang ini.

SEA Games 2017
Copyright©wikimedia

Jika dibandingkan dalam SEA Games 2015 yang berlangsung di Singapura lalu, perolehan mendali emas Malaysia memang melonjak jauh. Pada saat itu Malaysia berhasil mengumpulkan 62 medali emas. Akan tetapi,  sebagai tuan rumah menjadi juara umum bukan merupakan hal yang asing lagi.

BACA JUGA : SEA Games: Jelang Penutupan, Kontingen Indonesia Gagal Capai Target!

Thailand yang berhasil meraih 183 medali emas dari 477 cabang olahraga yang diperebutkan pada saat mereka menjadi tuan rumah tahun 2007 lalu. Sedangkan Indonesia mampu meraih 182 mendali emas pada saat menjadi tuan rumah 2011 lalu dari 554 yang diperebutkan.

WAJIB BACA :  Jadwal SEA Games: Prediksi Indonesia Vs Kamboja, Kamis 24 Agustus 2017 Pukul 19.45 WIB Live In SCTV!

Akan tetapi, keberhasilan dari Malaysia dalam SEA Games 2017 ini telah dinodai dari kekalahan pada cabang sepakbola. Mereka harus mengakui keunggulan juara bertahan Thailand dengan gol kontroversial karena kesalahan penjaga gawang Mohammaed Haziq Nadzli.

Melalui umpan lambung yang dilakukan pemain Thailand, bola langsung di tinju oleh penjaga gawang Mohammaed Haziq Nadzli. Namun sayangnya bola justru masuk dalam gawangnya sendiri. Padahal pada saat itu tidak ada acaman yang sudah diberikan oleh para pemain Thailand.

baca juga : Berita Terkini: Malaysia Tembus 100 Medali Emas SEA Games 2017, Indonesia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here