Aman Atau Tidakkah mengkonsumsi Pil Pelangsing?’

0
711
Pil Pelangsing
Copyright ©hiamag

Aman Atau Tidakkah mengkonsumsi Pil Pelangsing?’

Indowarta.com – Banyak orang khususnya wanita yang ingin tubuh sehat ideal dengan instan. Pil Pelangsing lah menjadi salah satu cara yang dijadikan pemecah solusi untuk melangsingkan tubuh agar tampak ideal.

Pil Pelangsing sendiri baru akan bekerja dengan baik jika dipadukan dengan gaya hidup yang sehat karena obat tersebut bersifat sementara. Maksudnya jika tak diimbangi dengan gaya hidup sehat maka berat badan beresiko naik kembali setelah konsumsi obat untuk melangsingkan tubuh itu dihentikan pemakaiannya.

Meskipun diperbolehkan kalian juga perlu waspada karena obat tertentu kemungkinan mengandung bahan berbahaya bagi tubuh. Seperti pada tahun 2010, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik enam merek obat diet dari pasaran karena mengandung sibutramin.

Bahan tersebut dianggap berbahaya karena mampu meningkatakan resiko serangan jantung dan stroke. Maka dari itu penting untuk kalian yang sering menggunakan obat pelangsing mengenali bahan kandungan didalamnya agar keinginan tubuh ideal tidak malah membahayakan kesehatan.

Pil Pelangsing
Copyright ©alodokter

Seperti diketahui jika Pil Pelangsing yang dijual bebas di pasaran dan diresepkan oleh dokter mempunyai kandungan yang berbeda. Kalian wajib memastikan daftar di BPOM sebelum membeli dan mengkonsumsinya. Selain itu perhatikan pula kandungan yang tertera pada komposisi yang terdapat pada kemasan obat.

Berikut ini bahan yang tergolong efektif :

1. Orlistat yakni bahan yang bisa mengurangi kadar lemak yang diserap oleh tubuh. Efek samping dari obat ini umumnya ringan dan bersifat sementara. Dokter biasanya memberikan resep dengan nama Xencial.
2. Phentermine yakni bahan yang dapat mengurangi nafsu makan. Efek samping dapat menimbulka diare, konstipasi, muntah, insomnia, tremor dan dapat menimbulkan kecanduan. Dokter biasanya menuliskan resep dengan nama Duromine.

Berikut ini bahan yang tergolong berbahaya :

1. Sibutramin, bahan yang dapat menimbulkan kejang, tekana darah tinggi, detak jantung tidak normal, stroke hingga serangan jantung
2. Ephedra, bahan ini memengaruhi kadar gula dalam darah, menyebakan tekanan darah tinggi dan dapat mengakibatkan keracunan hingga kematian jika dikonsumsi anak-anak.
3. Rimonabant (Zimulti), bahan ini dapat menyebabkan gagguan mood, depresi, insomnia dan memunculkan keinginan untuk bunuh diri.
4. Phenytoin, bahan ini biasanya digunakan dalam pegebatan epilepsi. Dapat menyebabkan nyeri sendi, sakit kuning, pendarahan, anemia, tulang lemah dan meningkatkan kadar gula.

Dengan resiko bahan berbahaya itu bukan berarti Anda harus menghindari Pil Pelangsing. Produk dengan kandungan efektif dan aman tentunya tetap dapat memberikan manfaat jika dikonsumsi. Tetapi sebelumnya perlu memerhatikan beberapa panduan yakni melalui resep dokter, memeriksa ke Badan POM dan mengubah gaya hidup yang kurang sehat.

baca juga : Cara Mendeteksi Kanker Sejak Dini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here