Alasan Kenapa Novel Baswedan Dijerat Pasal Pencemaran Nama Baik!

0
1998
Novel Baswedan
Copyright©liputan6

Alasan Kenapa Novel Baswedan Dijerat Pasal Pencemaran Nama Baik!

Indowarta.com – Terkait dengan kasus dugaan pencemaran nama baik sekarang ini sudah dinaikan ke tahap penyidikan. Dalam kasus yang dilakukan oleh penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), polisi mengaku telah menemukan adanya unsur pidana.

BACA JUGA : Ketika Keluarga Novel Baswedan Tagih Janji Presiden Jokowi!

Kasus yang dilaporkan oleh Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Brigjen Aris Budiman ini, berawal pada saat Novel Baswedan mengirimkan email atau surat elektronik kepada Aris. Dalam surat tersebut, penyidik itu mengatakan kalau sudah meragukan intergritas Aris yang menjabat sebagai Dirdik KPK.

Bahkan Novel Baswedan juga menduga kalau Aris merupakan Dirdik yang paling buruk selama di KPK. Akan tetapi, kenapa penyidik senior KPK ini dijerat dengan pasal pencemaran nama baik berdasarkan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terkait hal tersebut?

WAJIB BACA :  Terungkap, KPK Bongkar Penyebab Garuda Indonesia Rugi Tiap Tahunnya !

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, kalau Novel Baswedan tidak hanya mentransmisikan  email tersebut kepada Aris. Namun, dia juga mengirimkan surat elektronik itu kepada seluruh pegawai KPK lainnya.

“Yang email ditujukan pada pelapor dan cc (tembusan) kepada beberapa orang dan pegawai lingkungan KPK,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (31/8/2017).

Novel Baswedan
Copyright©Merdeka

Sehingga dengan itu, polisi telah menjerat Novel Baswedan dengan pasal pencemaran nama baik, serta sekarang ini kasusnya tersebut sudah ditingkatkan dalam penyidikan dikarenakan ditemukan adanya unsur tidak pidana dari email yang sudah dikirimkannya.

BACA JUGA :  Mata Kiri Novel Baswedan Kini Sudah Bisa Digunakan Untuk Mendeteksi Warna Cahaya!

Walau demikian, saat ini polisi masih belum menentapkan Novel Baswedan sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik itu. “Masih terlapor, masih kita memeriksa beberapa saksi lain dulu,” ungkap Argo.

WAJIB BACA :  Ini Isi Brankas Besar di Vila Zumi Zola!

Sebelumnya diktahui kalau Aris melaporakan penyidik Novel Baswedan kepada SPKT Polda Metro Jaya pada Senin (24/8/117) serta terdaftar dalam nomor LP/3937/VIII/2017/PMJ/Dit. Reskrimsus. Pada saat itu juga, sudah diterbitkan Suat Perintah Penyidikan (Sprindik) dengan nomor SP.Sidik/524/VIII/2017/Dit. Reskrimsus

Dalam kasus dugaan pencemaran nama baik ini, penyidik senior KPK itu dijerat dengan pasal Pasal 27 ayat 3 juncto Pasal 45 ayat 3 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan Pasal 310 KUHP dan atau 311 KUHP.

BACA JUGA : Novel Baswedan Jalani Perawatan Intensif Usai Jalani Operasi Tahap Pertama!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here