Fakta Mengejutkan Dibalik Rusaknya Satelit Telkom 1!

0
1192
Telkom,
Copyright ©Viva

Fakta Mengejutkan Dibalik Rusaknya Satelit Telkom 1!

Indowarta.com – Perusahaan telekomunikasi Telkom menjelaskan kalau memang ada masalah pada satelit Tekom 1 sejak Jumat (25/8/17). Sehingga layanan yang diberikan kepada konsumen mengalami gangguan. Salah satunya yang terkena dampak dari adanya gangguan ini adalah sejumlah ATM milik perbankan dalam negeri mati atau offline.

BACA JUGA : Telkom Belum Bisa Berikan Penjelasan Penyebab Bergesernya Satelit!

Gangguan ini mulai terjadi pada Jumat, sekitar pukul 16.51 WIB. Pada saat itu, sudah terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berefek pada pergeseran pointing antenna di satelit, sehinga telah menyebabkan layanan tranponder satelit tersebut mengalami gangguan.

Untuk mengatasi adanya masalah ini, Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Alex Sinaga memutuskan untuk melakukan proses migrasi pelanggan. Hal ini dilakukan setelah terjadinya masalah pada satelit Telkom 1 yang disebabkan oleh anomaly pada satelit itu sendiri.

WAJIB BACA :  Berita Terkini : Menunggu Pergantian Dewan Direksi Telkom Di Hari Ini !

Sampai sekarang ini sudah tercatat jumlah pelanggan mencapai 63 pelanggan, ada 8 diantaranya yang merupakan provider VSAT pemilik dari 12.030 site, sehingga total dari ground segment berkisar pada 15.000 site.

Telkom
Copyright ©Liputan6.com

“Kita memaksimalkan proses migrasi pelanggan Telkom 1 ke satelit Telkom 2, satelit Telkom 3S dan satelit lainnya. Upaya tersebut dilakukan Telkom demi mempercepat pemulihan layanan kepada pelanggan dan masyarakat,” pungkasnya di Graha Merah Putih, Jakarta Selatan, Senin (28/8).

BACA JUGA : Ada Gangguan Satelit Telkom, Ribuan ATM Bank Tak Bisa Beroperasi!

Agar proses recovery ini dapat berjalan dengan maksimal. TelkomGroup sudah melakukan pembentukan posko crisis center yang akan beroperasi 7×24 jam. Sedangkan Alex sendiri akan langsung melakukan pengawasan kepada proses recovery agar semua progress terupdate.

WAJIB BACA :  Berita Hari Ini : Telkom Gondol 3 Penghargaan Sekaligus Asian Excellence Award 2016 !

Sedangkan pembentukan Crisis center ini merupakan pusat informasi untuk seluruh proses recovery layanan, serta bertugas untuk mengeksekusi beberapa langkah yang dinilai perlu untuk dilakukan demi mempercepat penyelesaian gangguan pelayanan.

“Saya sudah dua hari ini tidak tidur mengawal sejak anomali terjadi,” katanya.

Alex mengatakan, dari hasil investigasi yang sudah dilakukan oleh pihaknya menyatakan kalau satelit Telkom 1 tidak dapat dioperasikan kembali. Investigasi tersebut sudah dilakukan bersama dengan Lockheed Martin selaku pabrikan Satelit Telkom 1.

BACA JUGA : Jawaban Telkomsel Soal Gangguan Sinyal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here