KPK Lakukan Mediasi Perseteruan Aris Budiman dan Novel Baswedan!

0
1071
Novel Baswedan
Copyright ©viva

KPK Lakukan Mediasi Perseteruan Aris Budiman dan Novel Baswedan!

Indowarta.com – Kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan mediasi terkait kasus dugaan pencemaran nama baik yang dituduhkan kepada penyidik senior KPK Novel Baswedan. KPK akan berupaya dengan melakuka mediasi guna menyeselesaikan kasus tersebut.

Seperti diketahui jika kasus pencemaran nama baik ini diadukan Direktur Penyidikan Aris Budiman kepada pihak kepolisian. Mengenai upaya mediasi yang akan dilakukan oleh KPK ini juga dijelaskan oleh Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif.

Laode berharap jika laporan yang diajukan oleh Aris Budiman akan berakhir di pengadilan. ‘Kami mengharapkan supaya dapat diselesaikan dengan baik-baik yakni dengan mediasi’ ujarnya saat ditemui pada Jumat,11 September 2017.

baca juga : Jokowi dan Jusuf Kalla Hadiri Pernikahan Anak Budi Gunawan dan Budi Waseso!

WAJIB BACA :  Wadi Tipikor Ikut Jejak Aris Budiman Polisikan Novel Baswedan, Begini Reaksi KPK!

Sebelumnya Aris Budiman melaporkan Anies Baswedan ke Polda Metro Jaya sekitar bulan Agustus lalu. Setelah seminggu polisi memutuskan untuk melakukan gelar perkara dengan menaikan status laporan ke tingkat penyidikan msekipun tanpa menetapkan tersangka. Laporan itu sendiri berawal dari surat elektronik (e-mail) tertanggal 14 Februari 2017 dari Novel yang juga sebagai Ketua Wadah Pegawai.

Novel Baswedan
Copyright ©merdeka

Terlihat dalam surat Novel Baswedan itu memprotes menegnai rencana perekrutan penyidik senior independen yang layak mengisi posisi tersebut. Selain itu Novel juga mengkritik Aris dengan mengatakan jika menurutnya dia tak membuat ramping satuan tugas.

Aris sendiri beranggapan jika surat internal itu meyebutkan dirinya dianggap sebagai Dorektur Penyidik terburuk sepanjang sejarah KPK. Hembusan kabar itu pun telah menyebar luas hingga ke sejumlah temannya di kejaksaan dan kepolisian.

WAJIB BACA :  Golkar Sebut Penetapan DPO Untuk Setya Novanto Tidak Perlu!

baca juga : Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya, Begini Komentar Jonru Ginting!

Aris Budiman pun mengatakan jika dirinya merasa terhina dengan ungkapan dalam surat tersebut dan menganggap jika Novel telah mencemarkan nama baiknya. ‘Saya merasa marah, tersinggung dan terhina. Maka dari itu saya buat laporan ini’ sambungnya.

Mengenai upaya mediasi sendiri diyakini akan menemui kesulita oleh Direktur Lembaga bantuan Hukum Jakarta, Alghiffari Aqsa. Pasalnya Aris sendiri tak hanya terlibat konflik dengan Novel namun dirinya juga bermasalah dengan lembaga anti-rasuah itu sendiri.

‘Kayaknya tak akan berhasil karena juga ada maslaah dengan KPK dan dia (Aris Budiman) melemahkan KPK dari dalam. Sedangkan laporan terhadap Novel hanya sebagai cara dirinya untuk menutup masalah tersebut’ ujarya.

WAJIB BACA :  Alasan Kenapa KPK Tahan Setya Novanto!

Pendapat lain yakni dari LBH Jakarta serta kelompok masyarakat sipil justru mendesak KPK mencopot Aris. Namun pihak KPK sendiri memutuskan akan mendampingi Novel Baswedan maupun Aris Budiman yang tengah bersitegang tersebut dalam pemeriksaan polisi.

Sementara itu menurut Laode dan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan jika tak menampik kasus perselisihan ini, namun pimpinan KPK sendiri harus melihat aturan main di KPK. Sedangkan Ketua KPK, Agus Rahardjo memastikan jika lembaga yang dipimpinya tersebut akan menindak lanjuti sikap Aris yang tetap memenuhi panggilan Pansus angket KPK meskipun dirinya melarang.

baca juga :  Alasan Kenapa Novel Baswedan Dijerat Pasal Pencemaran Nama Baik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here