Tak Hanya Rohingya, Warga Buddha dan Hindu Juga Ikut Mengungsi!

0
1076
Rohingya
Copyright©toptrending

Tak Hanya Rohingya, Warga Buddha dan Hindu Juga Ikut Mengungsi!

Indowarta.com – Konflik yang terjadi di negara Myanmar tepatnya di daerah Rakhine ternyata bukan hanya berdampak pada etnis muslim Rohingya. Ternyata akibat kebrutalan militer Myanmar juga berdampak kepada warga menganut Budha dan Hindu di Rakhine.

Selain Rohingya dilanda konflik berkepanjangan, suku Mro yang menganut agama Budha dan komunitas kecil warga Hindu di Rakhine juga ikut menjadi korban. Terlihat mereka penganut Budha dan Hindu juga ikut meninggalka Rakhine.

Seperti diketahui jika sebelumnya bentrokan sengit terjadi antara militer Myanmar dengan militan Rohingya bernama Tentara Arakan Rohingya (ARSA). Para aparat militer Myanmar sendiri memaksa mereka mengungsi dan meniggalkan daerah Rakhine.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Mantan Sekjen PBB, Kofi Annan Datangi Myanmar Tengok Krisis Rohingya !

Menurut Kepala Desa dari suku Mro, San Tan (46 tahun) mengatakan jika sebelumnya warga tinggal dengan aman dan tak ada larangan untuk tinggal di Rakhine. Dia menuturka jika warga biasanya mencari makan di kawasan hutan Myanmar serta tinggal berdampingan dengan kelompok etnis lain di daerah tersebut.

Rohingya
Copyright©toptrending

San Tun menambahkan pada bulan lalu wilayah tempat tinggal warganya didatangi oleh penyerang. Dikatakan olehnya jika serangan itu diduga berawal dari tangan militan Rohingya atau ASRA. Akibat seragan itu setidaknya ada 8 warga tewas dibunuh oleh militan ASRA saat mencari makan dihutan tepatnya tanggal 3 Agustus 2017.

Dari kejadian jatuhnya korban dari etnis Budha itulah yang membuat militer Myanmar meningkatkan keamanan dan menambahkan sejumlah personel di Rakhine. Lantas berntrokan sengit pun tak terhindarkan dan hal ini memicu setidaknya ada 73 ribu warga Rohingya melarikan diri mencari bantuan ke Bangladesh.

WAJIB BACA :  Pembakaran Desa Desa Warga Rohingnya Kembali Terjadi!

Sejumlah warga sipil Rohingya mengaku menjadi korban serangan yang dilakukan militer Myanmar. Akan tetapi sebagai warga sipil penganut Budha dan Hindu di Rakhine dilaporkan juga ikut megungsi. Sekitar 11 ribu orang penganut Budha dan Hindu ikut mengungsi karena merasa jika hidup mereka terancam setelah konflik di Rakhine kembali memanas.

Sementara itu warga Budha di Rakhine sudah beberapa kali mengungsi setiap konflik pecah. Namun tidak halnya dengan warga Hindu setempat minoritas di Myanmar yang baru pertama kalinya mengungsi karena menjadi target serangan dalam konflik ini. Dari laporan yang didapat sebanyak enam warga Hindu pekerja kontruksi ditemukan tewas karena tertembak.

baca juga : Pembakaran Desa Desa Warga Rohingnya Kembali Terjadi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here