Bagaimana Cara Rakyat Indonesia Bantu Warga Rohingya?

0
1341
Rohingya
Copyright ©liputan6

Bagaimana Cara Rakyat Indonesia Bantu Warga Rohingya?

Indowarta.com – Seperti diketahui jika saat ini etnis muslim Rohingya tengah diperkusi di negara Myanmar. Mendengar kejadian ini sebagian umat islam di Indoensia melakukan berbagai cara untuk mengungkapkan rasa pedulinya mulai dari mencuit media sosial hingga berdemo menuntut pemerintah Indonesia membantu menyelesaikan masalah ini.

Sejumlah tindakan dilakukan oleh sejumlah lembaga untuk membantu secara nyata yakni dengan memberi bantuan terhadap warga muslim Rohingya. Bantuan berupa makanan dan obat-obatan dikirim untuk membantu etnis muslim yang tertindas tersebut.

Dikatakan oleh Direkktur Program PKPU, Tomy Hendradjati sebuah LSM yang membantu Rohingya di Myanmar mengirimkan bantuan pokok seperti makanan, mie instan, pakaian, susu dan pempers untuk bayi. Barang-barang tersebut diberikan karena dirasa paling dibutuhkan mereka.

WAJIB BACA :  DPR Siap Bawa Krisis Kemanusiaan di Rohingya Ke Forum Parlemen Dunia!

Tomy menambahkan jika Anda ingin berdonasi bisa menyalurkan melalui Aliansi Kemanusian Indonesia untuk Myanmar (AKIM) yang telah diresmikan oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pada Kamis, 31 Agustus 2017 lalu. Aliansi ini sendiri terdiri dari 11 dan didalamnya termasuk PKPU, Palang Merah Indonesia (PMI), Aksi Cepat Tanggap (ACP) serta dua organisasi islam Indonesia yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Rohingya
Copyright ©bbcindonesia

Akibat konflik di Myanmar ini Paerserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan jika sekitar 87 ribu warga muslim Rohingya mengungsi ke Bangladest sejak 25 Agustus 2017. Meskipun sudah ada wadah resmi untuk menyalurkan bantuan, namun bukan berarti bantuan dapat diterima dengan segera oleh mereka di Rakhine.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Indonesia Siapkan Pasukan Untuk Bantuan Kemanusiaan Muslim di Rohingya !

Selaian cara lain warga Indoensia membantu etnis muslim Rohingya di Myanmar yakin dengan tetap semangat mendorong pemerintah membuka jalan menyalurkan bantuan. Dalam siaran persnya Kemenlu RI pada Senin 4 September 2017 sore, Indonesia dikabarkan telah mendapat akses dalam mekanisme penyaluran bantuan. Penyaluran bantuan akan dipimpin Pemerintah Myanmar dan dibantu oleh Komite Palang Merah Internasional.

Dikatakan pula oleh pengamat politik Asia Tenggara, Philips Varmote mengatakan jika diplomasi Indonesia kepada pemerintah Myanmar sangat penting. Hal itu dilakukan untuk menghentikan aksi kekerasan serta memunculka suasana kondusif bagai rakyat Rohingya.

Sementara itu cara yang terakhir yang dilakukan rakyat Indonesia untuk membantu etnis Rohingya yakni dengan demo tanpa anarki. Terlihat sejak akhir pekan lalu unjuk rasa dilakukan oleh massa di depan Kedutaan Besar Myanmar di Jakarta guna menuntut pemerintah Myanmar menghentikan persekusi terhadap etnis Rohingnya. Terlihat Senin, 4 September 2017 sejumlah massa terlibat saling dorong dengan aparat dan bahkan mereka membuka pendaftaran calon relawan untuk membantu warga Rohingya di Myanmar.

baca juga : Tak Hanya Rohingya, Warga Buddha dan Hindu Juga Ikut Mengungsi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here