Geliat RI Bantu Krisis Rohingya yang Di Sorot Oleh Dunia!

0
1007
Rohingya
Copyright ©Liputan6

Geliat RI Bantu Krisis Rohingya yang Di Sorot Oleh Dunia!

Indowarta.com – Sepak terjang Indonesia dalam rangka mengakhiri konflik Rohingya, melalui lawatan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Myanmar menjadi sorotan dunia. Media asing bahkan ramai memberitakan kunjungan sebagai respons atas krisis kemanusiaan yang tengah terjadi di begara bagian Rakhine.

Tak hanya dari Asia, bhkn beberapa media belahan dunia lain turut memberitakan lawatan Retno tersebut. Dari Channel News Asia, media Singapura itu menuliskan artikel yang berjuul “Indonesian foreign minister Retno Marsudi to meet Aung San uu Kyi in Myanmar”.

“Menlu Retno Marsudi ke Myanmar untuk bertemu dengan State Counselor and Foreign Minister Aung San Suu Kyi pada hari Senin,” tulis media tersebut.

WAJIB BACA :  Al Qaeda Angkat Senjata Menuju Myanmar!

Sedangkan media Singapura lainnya, The Straits Times, memberikan judul, “Indonesia minister to urge Myanmar to end Rohingya plight”. Sementara Bangkok Post, mengulas upaya Menlu Retno Marsudi atas nama pemerintah RI melalui “Indonesia sends fofeign minister to Myanmar”.

Rohingya
copyright©The Globe Journal

Kemudian dari Inggris, Reuters, sebuah artikel diberikan judul, “Indonesian envoy to urge mYnmar to halt violence against Rohinya Muslims”.

“Presiden Indonesia Joko Widodo mengirimk menteri luar negerinya ke Myanmar untuk mendesak pemerintahan Naypyidaw untuk menghentikan kekerasan terhadap Muslim Rohingya,” tulis media itu pada Minggu (3/9), setelah sebuah bom molotov dilemparkan ke Kedutan Myanmar di Jakarta.

Sementara itu media Australia ABC.net.au, memuat artikel, “Indonesia Foreign Minister Meet Suu Kyi,” menjabarkan bahwa Menlu dari Indonesia, negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, telah terbang ke Myanmar guna membahas krisis negara bagian Rakhine dengan pemimpin e facto, Aung San Suu Kyi.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Negara Barat Semakin Prihatin dengan Cara Suu Kyi Selesaikan Masalah Rohingya Di Myanmar !

Media Jepang, Japan Times memilih judul, “Indonesian minister files to Myanmar to raise Rohingya plight with Suu Kyi”. Dalam tulisannya, Menlu Retno juga disebutkan akan bertolak ke Bangladesh guna memantau bantuan Indonesia ke Mynmar.

Salah satu media terbesar di Myanmar, The Irrawaddy News Magazine, turut mengangkat isu tersebut melalui “Indonesian Envoy to Urge Myanmar to Halt Violence in Rakhine”.

Seperti yang diketahui, konflik yang terjadi di Rakhine, Myanmar itu seperti tak ada habisnya. Belum lama ini konflik kembali tersulut dan memanas.

Baca Juga Bagaimana Cara Rakyat Indonesia Bantu Warga Rohingya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here