Aksi Simpatik Ribuan Warga Surabaya Untuk Umat Muslim Rohingya!

0
710
Rohingya
Copyright ┬ętribunnews

Aksi Simpatik Ribuan Warga Surabaya Untuk Umat Muslim Rohingya!

Indowarta.com – Kali ini rakyat Indonesia banyak yang menggelar aksi simpatik untuk etnis muslim Rohingya yang medapat ancaman dari militer Myanmar. Aski simpatik tersebut salah satunya ditunjukan oleh ribuan warga Surabaya yang tergabung dalam Gerakan Aksi Kemanusiaan Surabaya untuk Rohingya pada Selasa, 5 September 2017.

Ribuan warga teresebut terdiri dari pelajar, mahasiswa, karang taruna, Muhammadiyah, FPI dan tokoh lintas agama. Mereka menggelar unjuk rasa menuntut semua elemen baik dari pemerintahan dan PBB supaya bertindak menghentikan aksi genosida terhadpa orang Rohingya di Myanmar.

Terlihat para warga yang melakukan unjuk rasa meneriakan supaya menghentikan kekerasan terhadap etnis muslim Rohingya. ‘Hentikan kekerasan yang dilakukan terhadap kaum Rohingya karena luka mereka adalah luka kita. Hentikan genosida terhadap Rohingya, Save Rohingya, Save Rohingya’ teriak pemimpin unjuk rasa pada Selasa, 5 September 2017.

WAJIB BACA :  Tak Hanya Rohingya, Warga Buddha dan Hindu Juga Ikut Mengungsi!

Teriakan itupun juga disambung oleh orator lain yang meneriakan jika mereka menggelar aksi tersebut untuk Rohingya. Mereka meneriakan supaya elemen masyarakat, ormas, organisasi kepemudaan dan masyarakat Indonesia lainnya melakuka aksi solidaritas kemanusiaan. Selain itu mereka mengharapkan supaya misi bantuan kemanusian terhadap etnis Rohingya dilakukan.

Rohingya
Copyright ┬ędetik

Bahkan mereka juga meneriakan supaya pemerintah mengusir duta besar Myanmar untuk Indoensia jika tak mau menjembatani konflik ini. ‘Usir saja duta besar Myanmar. Usir saja jika tak ada itikad baik untuk menjembatani konflik Rohingya ini’ teriak orator unjuk rasa.

Bukan hanya berunjuk rasa dengan meneriakan supaya pemerintah turun tangan terkait masalah ini. Massa pun terlihat membawa sejumlah poster yang bertuliskan ‘Save Rohingya’, ‘Selamatkan Muslim Rohingya’, ‘Stand Up and Save The Rohingya’ dan ‘Stop Killing Muslim Rohingya’.

WAJIB BACA :  Sekitar 20 Orang Meninggal Dunia Karena Difteri di Kamp Rohingya!

Harapan dilakukannya aksi ini juga diungkapkan oleh Koordinator Komite Aksi Kemanusiaan Surabaya untuk Rohingya, Arif A.N (42 tahun). Dia menuturkan jika aksi ini diharapkan mendaptkan perhatian serius karena tragedi kemanusian ini jika tak ditangani akan terus terjadi dikemudian hari.

Piahknya pun juga mengajak semua elemen di Indonesia dan PBB untuk melakukan aksi solidaritas kemanusiaan dan bantuan untuk Rohingya. Aksi ini sendiri berlangsung di bawah patung Gubernur Suryo selama 1 jam lamanya.

baca juga : Bagaimana Cara Rakyat Indonesia Bantu Warga Rohingya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here