Kejinya Myanmar Sengaja Pasang Ranjau Untuk Pengungsi Rohingya!

1
874
Rohingya
Copyright©toptrending

Kejinya Myanmar Sengaja Pasang Ranjau Untuk Pengungsi Rohingya!

Indowarta.com – Konflik di Myanmar kini terus berlanjut dan sejumlah pengungsi Rohingya terkena ranjau saat aan mengungsi ke wilayah Bangladesh. Kabarnya Myanmar memang sengaja menanam ranjau tersebut di sepanjang perbatasan Myanmar-Bangladesh.

Kabar kejinya Myanmar terhadap etnis muslim Rohingya ini dikabarkan oleh dua sumber pemerintahan di Dhaka, Bangladesh. Dikatakan jika dua sember tersebut saat ini memahami betul situasi di daerah perbatasan. Namun mereka tak bisa berbicara banyak seacra terbuka kepada media.

Salah satu sumber menyebutkan jika otoritas Myanmar dengan sengaja menanam ranjau tersebut. Hal itu dilakukan supaya warga Rohingya yang mengungsi ke Bangladesh tidak kembali lagi ke Myanmar, Otoritas Banglades pun juga membenarkan dan telah mempelajari sejumlah bukti berupa foto dan mendengar sejumlah keterangan terkait kejadian ini.

WAJIB BACA :  Wiranto Larang FPI Ke Myanmar Membantu Rohingya!

Tulis salah satu sumeber, ‘Mereka (Myanmar) sengaja menanam ranjau-ranjau di sepanjang pagar kawat berduri diperbatasan. Pasukan kami juga melihat jika tiga hingga empat orang bekerja didekat pagar beduri dengan menanam sesuatu kedalam tanah. Lalu kami mengkonfirmasi kepada para informan dan benar saja dikatakan jika kelompok tersebut menanam ranjau’.

Rohingya
Copyright©AFP

Namun tidak disebutkan apakah kelompok yang menanam ranjau ini menggunakan seragam militer atau tidak. Akan tetapi kedua sumber tu memastikan jika sejumlah kelompok orang itu bukanlah militan Rohingya atau ARSA yang sata ini tengah bentrok dengan militer Myanmar.

Dari kejadian ini dikatakan jika otoritas Bangladesh rencananya akan segera melayangkan nota protes secara resmi kepada pemerintahan Myanmar. Dikatakan oleh salah satu sumber nota protes akan disampaikan ke Myanmar pada hari ini Rabu, 6 September 2017.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Negara Barat Semakin Prihatin dengan Cara Suu Kyi Selesaikan Masalah Rohingya Di Myanmar !

Mengenai kejadian ini juga diungkapkan oleh penjaga perbatasan Bangladesh, Manzurul Hassan Khan. Dia menyebutkan jika ada dua ledakan yang terdengar di wilayah Myanmar yakni di dekat Bangladesh tepatnya pada Selasa, 5 September 2017.

Sebelumnya dua ledakan lainnya juga terdengar di area yang sama pada Senin, 4 September 2017. Pemicu ledakan sendiri hingga kini belum diketahui denga pasti, namun otoritas Bangladesh memperkirakan jika ledakan itu berasal dari ranjau yang ditanam Myanmar.

Akibat ledakan ini setidaknya tiga pengungsi Rohingya serta termasuk dua anak-anak mengalami luka-luka. Bahkan salah satu dari mereka dikabarkan harus kehilangan kaki akibat ledakan tersebut.

baca juga : Bagaimana Cara Rakyat Indonesia Bantu Warga Rohingya?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here