Gejala dan Tes Untuk Mengetahui Gangguan Fungsi Hati!

0
1066
gangguan hati
Copyright©pesanlab

Gejala dan Tes Untuk Mengetahui Gangguan Fungsi Hati!

Indowarta.com – kita tentunya mengetahui jika hati merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi penting dalam proses pencernaan makanan. Selain itu hati juga berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh dari zat peracun. Namun sering kali Gangguan Fungsi Hati mengancam kita dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Gangguan Fungsi Hati dapat memicu penurunan stamina dan sejumlah dampak berbahaya lainnya. Gangguan pada hati ini biasanya disebabkan karena faktor keturunan yang diwarisi oleh salah satu atau dari kedua orang tua.

Organ hati dapat terganggu ketika terkena infeksi virus hepatitis, keracunan obat, kelainan enzim langka, keracunan obat, kelainan enzim langka hingga kosusmsi alkohol berlebih. Sedangkan hal yang paling umum dirasakan jika gangguan hari ini ialah kelelahan kronis.

Gejala yang dapat terlihat antara lain perut teras penuh, sakit perut dan perut nampak membuncit, mual, muntah dan nafsu makan menurun. Selain itu juga terdapat gejala lain yang terkihat pada kulit dan mata yakni kulit mudah memar, kulit terasa gatal dan mata terlihat menguning.

gangguan hati
Copyright©alodokter

Gangguan Fungsi Hati ini juga ditunjukan dengan terjadinya pembengkakan pada bagian kaki dan pergelangan kaki. Kemudian warna urine semakin gelap dan warna tinja menjadi pucat ataupun uang air besar berdarah.

Jika gejala tersebut Anda alami maka disarankan segera konsultasi ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kemungkinan dokter akan memberikan rekomendasi pemeriksaan seperti Alanine Transaminase (ALT), Spartate Aminotransferase (AST), Tes Bilirubin, Alkaline Phosphatase (ALP), Albumin, dan Gamma-Glutamyl Transpepritade (GGT).

Sedangkan cara mengatasi Gangguan Fungsi Hati yakni dapat dengan cara mengubah gaya hidup. Seperti halnya berhenti mengkonsumsi minuman mengandung alkohol dan menurunkan berat badan jika mengalami obesitas.

Selain itu hal lain yang dapat dilakukan yakni dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dan olahraga secara teratur agar berat badan dapat terkendali. Namun meskipun begitu sebagian lagi kemungkinan perlu mengkosnsumsi obat-obatan tertentu yang mampu mengatasi gangguan fungsi hati.

Untuk mencegah gangguan fungsi hati sendiri yakni dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu disarankan pula untuk menghindari penggunaan obat-obatan secara rutin selain dari anjuran dokter.

baca juga : Cara Mencegah Infeksi Tato Sejak Awal Pembuatan dengan Cara begini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here