Diperiksa Polisi, Bos First Travel Tak Kooperatif!

0
776
First Travel
Copyright ©Jawa Pos

Diperiksa Polisi, Bos First Travel Tak Kooperatif!

Indowarta.com– Hingga saat ini polisi masih terus mengusut kasus penipaund an juga dugaan pencucian uang dengan tersangka bos First Travel yakni Andika Surachman dan juga sang istri yakni Anniesa Hasibuan. Namun bos First travel ini pun kebanyaka telah menjawab ‘lupa’ pada saat diperiksa oleh polisi.

BACA JUGA : PPATK Temukan Lagi Aset Senilai Rp 7 Miliar Milik Bos First Travel!

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Bareskrim Polri gedung KKP, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat pada hari Jumat 9 September 2017 ini telah mengatakan “Saya banyak mendapatkan laporan kalau dia banyak menyatakan lupa-lupa ya. Jadi ini perlu dicek kembali”.

WAJIB BACA :  Begini Cara Bos First Travel Tipu Calon Jamaahnya!

Polisi pun kesulitan untuk melacak aliran dana calon jemaah First Travel yang diduga disalahgunakan karena tidak kooperatif tersebut. Bareskrim sudah menjalin kerjasama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait dengan hal ini.

tersangka kasus First Travel
Copyright©Kompas

Setyo mengatakan “Kalau kooperatif kan dia seharusnya menyebutkan penggunaan dananya sekian, penerimaan dana sekian”. Berdasarkan dari penyidikan sementara ini, aset yang dimiliki oleh bos First Travel ni telah terlacak yakni sebanyak 6 perushaan, 5 mobil dan 13 rekening. Dalam perkara ini, PPATK menelusuri transaksi aliran dana dan ditemukan duit total Rp 7 miliar dalam 51 rekening. Ada juga transaksi aliran dana ke luar negeri.

Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto telah mengatakan bahwa pihaknya ini masih menelusuri aset dari bos First Travel. Tersangka penipuan dan juga penggelapan dana calon jemaah umrah ini telah mengaku bahwa uangnya sudah habis.

WAJIB BACA :  Bisakah Uang Korban First Travel Kembali?

Ari di gedung DPD, Senayan, Jakarta pada hari Selasa 5 September 2017 ini telah mengatakan “Tersangka si bilang habis sudah (uangnya) selesai. Ya ini kan kita masih telusuri lagi berapa jumlah dana yang ada masih kita cari dengan PPATK, belum dapat semua ke mana-mana larinya belum dapat”.

BACA JUGA : Faktanya, Skandal Kasus First Travel Sudah Berjalan Sejak 2015!

Ari mengatakan bahwa sebenarnya mengenai aset yang masih ditelusuri itu tidak akan menghambat kasus penipuan para tersangka ini. Namun masih belum bisa dipastikan juga apakah perkara ini bisa langsung diselesaikan tanpa menunggu hasil telusur.

baca juga : 

Begini Pengalaman Jemaah yang Sudah Dua Kali Berangkat Umroh dengan First Travel!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here