Dokter yang Menjual Obat Itu Melanggar Peraturan!

0
1606
Ilustrasi Dokter
Copyright©pixabay

Dokter yang Menjual Obat Itu Melanggar Peraturan!

Indowarta.com – Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar Wahyudi Muchsin menjelaskan, seorang dokter yang sengaja menjual atau mengarahkan pasiennya untuk menebus obat merupakan hal dilarang dalam aturan.

BACA JUGA : Kisah Pilu Bayi Idap Penyakit Langka Ditolak BPJS Kesehatan Karena Telat Satu Jam!

“Bila betul terjadi, maka oknum dokter bersangkutan melanggar Undang-undang Kedokteran serta kode etik dokter,” ungkapnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (8/9/17).

Terkait dengan dokter menjual obat ini mengemuka setelah adanya seorang pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dadi yang merasa kalau diakali oleh dokter menjual obat bernisial EF. Dia menilai kalau dokter tersebut sudah bekerja sama dengan RS setempat untuk mengarahkan pasiennya menebus beberapa resep obat di apoteknya pada Rabu (7/9/17) malam.

WAJIB BACA :  BPJS Kesehatan Terancam Defisit Hingga Rp 9 Triliun!

Pasien tersebut adalah bernama Sudira (68) yang merupakan peserta BPJS Kesehatan yang telah menderita penyakit diabetes. Dan dia harus menjalani perawatan di RS setempat dan langsung mendapatkan penanganan.

Ilustrasi Dokter
Copyright©bantennews

Menurut dia, pasien yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan seharusnya sudah tidak di bebankan biaya apapun. Dengan adanya kejadian ini pihaknya sangat menyayangkan tidakan dokter menjual obat. Karena sanksi berat dapat diberikan seperti pencabutan izin apotek atau gelar seorang dokternya.

BACA JUGA : Kenakan Kostum Unik, Pegawai BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi untuk TKI!

Meski begitu, pihaknya mengharapkan kepada keuarga korban untuk segera melaporan adanya tindakan dokter menjual obat ini. Setelah itu, nantinya akan ada pengecekan yang dilakukan untuk melihat pelayanan dokter kepada para pasiennya.

WAJIB BACA :  Berita terkini: Ini Besaran Iuran BPJS Kesehatan Per 1 April, Tak Hanya Naik Kini Berubah Menjadi KIS !!

“Kami tetap menunggu laporan dari pasien untuk menindaklanjuti persoalan itu, termasuk mengecek kembali pelayanan para dokter di sana, selanjutnya akan usut, bila memang ada kejadian seperti itu maka akan diberikan teguran maupun sanksi,” kata Muchsin.

Namun, dokter Efendy yang berdinas di RS setempat telah memberikan keterangannya terkait dengan kabar dokter menjual obat tersebut, dia berdalih tidak menjual obat kepada pasiennya. Namun dirinya mengatakan kalau memang memiliki apotek.

“Kami tolong ibu Sudira itu agar cepat ditangani karena darurat, uangnya obat pun kurang tapi kami maklum. Saya memang punya apotek, tapi bukan saya menjual obat, apalagi mengarahkan pasien membeli obat di apotek. Dua jenis obat memang dibeli di apotek saya, karena obat di sini habis,” ungkapnya berdalih.

BACA JUGA : Sscn Bkn Go Id: Pengumuman Lokasi Tes CPNS Untuk Dokter Spesial Berubah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here