Menteri Tjahjo Sindir Deddy Mizwar Soal Meikarta!

0
1528
Copyright©Tjahjo Kumolo

Menteri Tjahjo Sindir Deddy Mizwar Soal Meikarta!

Indowarta.com – Tjahjo Kumolo selaku Menteri Dalam Negeri memberikan tanggapannya terkait dengan pembangunan Meikarta yang berada di Cikarang, Jawa Barat. Dia mengatakan kalau pembangunan megaproyek tersebut telah terhambat oleh beberapa aturan.

BACA JUGA : Keamanan yang Dijamin Kondusif di Meikarta!

Sebelumnya diketahui, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar telah mengecam tidak membarikan izin pembangunan Meikarta. Keputusan tersebut karena adanya sebuah alasan tertentu.

“Jangan seperti Meikarta, izin dari Bupati sudah ada, terhambat karena dilarang oleh Wakil Gubernur Jawa Barat. Padahal belum ada peraturan gubernur yang mengatur masalah ini. Saya kira ini harus dicermati bersama,” kata Tjahjo pada pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE BSD, Serpong, Kamis, (14/9/17).

WAJIB BACA :  Cikarang Akan Setara dengan Tokyo Sampai Las Vegas Karena Meikarta?

Terkait dengan kewenangan pemberian izin untuk para pengembang ini merupakan salah satu yang ada di tangan Bupati dan Walikota. Hal ini karena kepala daerah merupakan pihak yang sudah mengetahui wilayah yang didampinginya.

Sehingga dengan itu, Tjahjo mengatakan kalau peraturan daerah yang telah disusun dengan sangat terperinci dan baik, sudah merupakan kewenangan pemerintah daerah. Maka, pembangunan Meikarta ini harus didukung dengan kewenangan penuh.

Meikarta
Copyright©bisnis

“Secara prinsip, investasi di daerah ini harus didukung penuh dengan kewenangan penuh, sesuai aturan yang ada adalah Bupati dan Walikota. Soal adanya peraturan Gubernur, saya kira itu harusnya menyesuaikan, justru tidak menghambat. Ini adalah hal yang menjadi penting sekali,” ungkap Tjahjo.

WAJIB BACA :  Meikarta Dinilai Mampu Hidupkan perekonomian Warga!

BACA JUGA : Meikarta Tawarkan Pendidikan Berkualitas!

Pihaknya mengatakan, sekarang ini ada sejumlah sektor swasta yang ingin memajukan daerah masing-masing. Swasta yang ingin membangun suatu daerah namun hal tersebut telah menemui hambatan yang terkait dengan kebijakan, perizinan, serta adanya kebijakan yang wajib untuk dicermati bersama.

Dalam membangun Jakarta, maka diperlukan adanya sinergi yang terjalin antara daerah terdekat, seperti Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Bogor, semestinya harus terjalin dengan baik.

Namun, jika ada peraturan daerah yang dapat menghambat perizinan serta peran swasta, kata Tjahjo, sebaiknya hal tersebut dievaluasi terlebih dahulu. Karena ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk dapat membedayakan swasta.

WAJIB BACA :  Inilah Central Park, Jantung Kota Meikarta!

Deddy Mizwar sebelumnya sudah menyatakan, sekarang ini proyek Meikarta masih belum mendapatkan izin. Pihaknya meminta kepada agar pembangunan tersebut dihentikan terlebih dahulu untuk sekarang ini.

BACA JUGA : Media Eropa Sampai Amerika Beri Atensi untuk Kota Meikarta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here