KPK Panggil Ulang Setya Novanto!

0
688
Setya Novanto
Copyright©kompas

KPK Panggil Ulang Setya Novanto!

Indowarta.com – Hari ini tepatnya Senin, 18 September 2017 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kebali memanggil Ketua DPRD RI, Setya Novanto. Pemanggilan ini merupakan penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Novanto selaku tersangka korupsi proyek E-KTP.

Mengenai pemanggilan Setya Novanto ini juga dijelaskan oleh Juru Bicara KPK, Febri Diansyah dan dirinya berharap yang bersangkuta bisa menghadiri pemanggilan tersebut. ‘Kami mengharapkan yang bersagkutan dapat hadir dalam pemanggilan ulang besok (Senin, 18 Septemebr 2017)’ jelasnya melalui pesan singkat pada Minggu, 17 September 2017.

Cukup diketahui jika Novanto sebenarnya diperiksa pada pekan lalu. Karena dikabarkan sakit dan tidak dapat memenuhi panggilan akhirnya pemeriksaan oleh KPK dinyatakan ditunda. Mengenai pernyataan sakitnya Novanto itu diasmpaikan ke kantor KPK melalui Sekertaris Partai Golkar Idrus Mahram serta pernyataan dari dokter dari rumah sakit tempat Novanto dirawat.

WAJIB BACA :  2 Alat Bukti baru yang Ditemukan KPK untuk Memulai penyelidikan E KTP!

Ketika itu padahal Setya Novanto masih menjalankan proses praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Dengan kabar sakitny Novanto saat itu, KPK sendiri tak mengendurkan penyedikan dengan menggenjok penyidikan terhadap mantan Ketua Fraksi ppartai Golkar saat proyek E-KTP bergulir pada 2011 tersebut.

Setya Novanto
Copyright ©Tempo

Selain itu KPK juga tak mau ambil pusing terkait kasus Novanto yakni dengan meminta second opinion kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Sedangkan Novanto sendiri meminta supaya lembaga antiarsuah tersebut menghormati praperadilan yang diajukannya. Akan tepai KPK tetap bersikukuh terus melakukan penyidikan kasus korupsi E-KTP ini.

Hal itu dikatakan karena tak adanya aturan mengenai pemberhentian sementara penyidikan. Dalam perkara E-KTP ini Novanto dianggap telah menyalahgunakan wewenag dan jabatanya. Setya Novanto dianggap memengaruhi pejabat lelang proyek E-KTP tahun 2011 hingga 2012 supaya memenangkan suatu perusahaan tertentu dan akibatnya merugikan negara hingga Rp 2.3 triliun.

WAJIB BACA :  Dijadwalkan Berkunjung Ke NTT, Setya Novanto Mangkir Lagi?

Sementara itu sebelumya KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi untuk kasus Novanto. Febri Diansyah sata itu menjelaskan jika ada sekitar enam saksi yang diperiksa terkait dengan dugaan korusi penggandaan E-KTP guna melengapi berkas penyidikan Novanto. Keenam saksi tersebut diantaranya Mulyadi (Mantan sopir Dirjen Dukcapil Kemendragi, Imran), Kurniawan Prasetya Atmaja (PNS/KepalaKepala Seksi Biodata NIK dan KK Diretoran pendaftaran penduduk Dukcapil), Fajar Kurniawan (PNS Ditjen Dukcapil Kemendagri) serta tiga orang dari pihak swasta yakni Made Oka Masagung, Monny dan Lulu.

Baca Juga : KPK Panggil 4 Saksi di Kasus Setya Novanto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here