Polisi Tetapkan 9 Tersangka Peredaran Obat PCC di Kendari!

0
4582
Obat PCC
Copyright©tribratanews

Polisi Tetapkan 9 Tersangka Peredaran Obat PCC di Kendari!

Indowarta.com Obat PCC beberapa waktu terakhir menghebohkan publik karena peredarannya menyerang para remaja yang notabennya generasi penerus bangsa. Sebelumnya pihak berwajib berhasil mengamankan sejumlah pelaku pengedar obat ini, kali ini pihak kepolisian kembali berhasil menangkap sembilan orang pelaku lainnya.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Komisris Besar Martinus Sitompul mengatakan jika pihaknya telah mendapatkan sembilan tersangka dalam kasus pengedaran Paracetamol Caffeine Carisoprodol atau obat PCC. Cukup diketahui jika peredaran obat berbahaya ini didapat di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga : Perbedaan Obat PCC, Somadril dan Tramadol dengan Flakka!

Kesembilan orang yang menjadi tersangka peredaran obat tersebut akan dikenakan hukuman pidana karena telah melanggar Undang-Undang tentang Kesehatan. ‘Kami berhasil mengamankan sembilan tersangka dan kini tengah menjalani pemeriksaan intensif‘ ujarnya saat ditemui di kantor Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan pada Jumat, 15 September 2017.

WAJIB BACA :  Anak Sekolah Jadi Target, Pengedar Jual Murah Obat PCC!

Kesembilan tersangka itu tidak diperiksa disatu tempat melainkan terbagi disejumlah tempat. Dua orang tesangka ditangani oleh Polda Sulawesi Tenggara, empat orang ditangani oleh Polresta Kendari, dua orang ditangani Polres Kolaka dan satu oarng ditangani oleh Polres Konawe.

Obat PCC
Copyright©wartakota

Selain mengamankan tersangka, Martinus mengatakan jika pihaknya juga telah mengamankan barang bukti berupa 5.227 bitr obat PCC. Obat itu sendiri termasuk obat terlarang yang dapat menimbulkan efek samping berbahaya jika dikonsumsi dan juga masuk dalam daftar G.

Kesembilan tersangka sendiri terancam dijerat Pasal 197 jucnto Pasal 106 ayat 1 Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Martinus juga menambahkan jika saat ini tercatat ada 66 orang yang dirawat karena mengkonsumsi obat ini. Sedangkan 15 dianataranya masih dalam pemeriksaan medis secara intensif.

WAJIB BACA :  Pil Obat PCC Sudah Beredar di Purwokerto?

Baca juga : Anak Sekolah Jadi Target, Pengedar Jual Murah Obat PCC!

‘Selain senang pelaku dapat tertangkap, tentunya kami juga merasa berduka karena akibat penyalahgunaan pil ini membuat banyak orang menjadi korban dan salah satu dari mereka meningal dunia’ ujar Martinus.

Sementara itu obat PCC sendiri mulai banyak diperbincangkan setelah puluhan pelajar di Kendari mengalami kejang-kejang serta berhalusinasi. Para pelajar itu sendiri akhirnya dilarikan ke sejumlah rumah sakit di Kendari mulai dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Aunwas, Rumas Sakit Ismoyo dan Rumah Sakit Batheramas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here