Kronologis Wali Kota Batu Kena OTT KPK!

0
693
Wali Kota Batu
Copyright©kompas

Kronologis Wali Kota Batu Kena OTT KPK!

Indowarta.com– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini telah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wali Kota Batu yakni Eddy Rumpoko pada hari Sabtu 16 September 2017. Eddy telah ditetapkan sebagai tersangka karena telah diduga menerima komisi dari proyek belanja modal dan pengadaan mebelair di Pemerintah Kota Batu pada tahun anggaran 2017.

BACA JUGA : KPK Panggil 4 Saksi di Kasus Setya Novanto!

Tidak hanya Eddy saja, Kepala Bagian Layanan dan Pengadan (Kabag ULP) Pemeriktan Kota Batu yakni Edi Setiawan telah diteptakan sebagia tersangka karena diduga telah menerima beberapa uang dari pengusaha Fhilipus Djap. Edi teah menerima fee sebesar 10 persen sebear Rp ,26 miliar. Proyek ini telah berhasil dimenangkan oleh PT. Dailbana Prima.

Di dalam operasi tangkap tangan ini KPK telah berhasil menangkap sebanyak 5 orang. Wakil Ketua KPK yakni Laode M Syarif telah menjelaskan mengeai kronologi penangkapan tersebut. pada hari Sabtu 16 September 2017 kurang lebih pada ukul 16.39 WIB, Fhilipus Djap ini telah bertemu dengan Edi Setiawan di restoran daerah Batu. Mereka berdua ini menuju parkiran dan diduga telah terjadi transaksi.

Wali Kota Batu
Copyright©wartakota

Laode di Gedung KPK, Jakarta Selatan pada hari Minggu 17 September 2017 ini telah mengatakan “Penyerahan uang sebesar Rp 100 juta dari Fhilipus kepada Edi”. Lalu kurang lebih pada 30 menit kemudian, diduga Fhilipus bergerak menuju ke rumah dinas Edi untuk menyerahkan uang sebanyak Rp 200 juta di dalam pecahan Rp 50 ribu dengan dibungkus koran dan dimasukkan ke dalam tas.

Laode mengatakan “Tim KPK kemudian mengamankan mereka berdua dan sopir (Y), kemudian mengamankan uang Rp 200 juta,”. Keriga orang tersebut dibawa menuju ke Polda Jawa Timur untuk diperiksa. Setelah itu tim KPK yang lainnya mengikuti Edi dan telah mengamankan Edi kurang lebih pada pukul 16.00 WIB. Dari tangan Edi telah berhasil diamankan uang sebesar Rp 100 juta.

BACA JUGA : Dalam Dua Moment Penting Ini, Setya Novanto Alami Serangan Vertigo!

Secara terpsah, pihak KPK juga telah berhasil mengamankan Zaidim Efisiensi yang menjabat sebagai Kepala BKAD Kota Batu. Untuk pemeriksaan awal, Zaidim dibata ke Pemkot Batu.

baca juga : 

Kirimi Surat Ke KPK, Fadli Zon Tak dapat Sanksi dari Gerindra?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here