Kandungan Obat PCC Serta Berbahaya Bagi Manusia!

0
1993
Obat PCC
Copyright©detik

Kandungan Obat PCC Serta Berbahaya Bagi Manusia!

Indowarta.com – Bekalangan ini sejumlah warga Kendari dihebohkan dengan adanya obat Paracetamol, Caffeine, and Carisoprodol (PCC). Bahkan sejumlah anak dan beberapa orang yang sudah mengonsumsi obat berbahaya ini mengalami efek kejang, betingkah seperti zombi, serta mengamuk.

BACA JUGA : Polisi Tetapkan 9 Tersangka Peredaran Obat PCC di Kendari!

Melihat kejadian itu, apa sebenarnya kendungan dari obat PCC tersebut dan jika paracetamol dikonsumsi bersamaan dengan Caffeine serta carisoprodol akan menyebabkan bahaya apa?

Diketahui, kalau dalam obat PCC terkadung tiga komponen, diantaranya paracetamol, caffeine, dan carisoprodolI, dari beberapa komponen tersebut telah memiliki sejumlah efek yang berbeda.

Paracetamol

Terkait dengan efek samping dalam penggunaan paracetamol, menurut Arief Achmad Fauzi, S.Farm, Apt, hipotensi, ruam, kesulitan bernafas, tekanan darah rendah serta elergi, akan tetapi, kondisi tersebut jarang terjadi. Untuk penggunaan dalam jangka panjang, paracetamol dapat menyebabkan kerusakan pada bagian organ tubuh, seperti ginjal dan hati.

WAJIB BACA :  Polisi Tetapkan 9 Tersangka Peredaran Obat PCC di Kendari!

Caffeine

Kegunaan Caffeine dalam dunia kesehatan, berguna untuk meningkatkan fungsi otak yang bekerja memberikan rangsangan pada kerja sistem saraf pusat. Cafeein ini merupakan senyawa kimia berupa alkaloid xantin yang berasal dari olahan tanaman.

Obat PCC
Copyright©tribratanews

“Kafein bisa meningkatkan daya pikir, makanya banyak yang senang minum kopi agar bisa fokus bekerja. Selain itu, caffeine juga membantu menghilangkan nyeri otot dan pemulihan cedera,” ujarnya.

BACA JUGA : Perbedaan Obat PCC, Somadril dan Tramadol dengan Flakka!

Efek samping dari caffeine, dapat meningkatkan produksi unrine dan juga meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu seseorang yang sedang menderita hipertensi disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi serta beberapa makanan yang mengandung caffeine.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here