Makna Peringatan 1 Muharram, Tahun Baru Islam yang Jatuh Pada Tanggal Petang Hari Rabu 20 September 2017!

0
10309
1 Muharram
Copyright©Fsantrius

Makna Peringatan 1 Muharram, Tahun Baru Islam yang Jatuh Pada Tanggal Petang Hari Rabu 20 September 2017!

Indowarta.com 1 Muharram atau bisa dikatakan sebagai tahun baru islam merupakan bulan pertama dalam kalender islam. Muharam sendiri merupakan salah satu dari empat bulan suci pada tahun ini.

Kata ‘muharam’ sendiri berasal dari kata haram mempunyai arti ‘Terlarang’ atau ‘Berdosa’. Muharam juga dianggap sebagai bulan paling suci kedua setelah bulan Ramadhan. Sejumlah warga pun berpuasa sepanjang hari ini dan pada hari ke sepuluh muharam ialah hari Asyura.

Biasanya mulai 1 Muharram warga muslim berpuasa dan puasa itu sendiri berbeda antara sejumlah kelompok muslim. Seperti muslim Sunni yang hanya menjalankan pausa pada hari keselpuluh ataupun hari kesembilan dan kesepuluh.

WAJIB BACA :  Catat Tanggalnya, Jadwal Puasa Muharram 1440 H, Ini Niat dan Keutamaannya !

Dalam suar At-Tuabah ayat 36 menjelaskan jika Allah telah menetapkan empat bulan terhormat dari 12 bulan. Kehormatan empat bulan ini bahkan dijaga oleh kaum muslim Arab ketika masa Jahiliyah. Mereka kala itu tak ingin membalas orang yang memunuh orang yang telah menghabisi nyawa orang tua mereka ketika bertemu saat bertepatan dengan empat bulan tersebut.

1 Muharram
Copyright©mutiarapublik

Penghormatan bagi ke empat bulan ini, menunjuka jika ada sesuatu yang istimewa didalamnya. Salah satu bulan yang istimewa itu jatuh pada tanggal 1 Muharram seperti halnya yang diterangkan dalam hadis Al Bukhari dan Muslim. Disebutkan pada bulan Muharram tepatnya hari ke 10 Alah SWT menyelamatkan Nabi Musa dan bani Israil dari kejaran raja Fir’aun dan bala tentaranya.

WAJIB BACA :  Malam 1 Suro, Begini Asal Mula Malam Tahun Baru Penanggalan Jawa hingga Dianggap Mistis ?

Untuk memperingatinya kaum Yahudi pun melaksankan shaum setiap tanggal 10 muharram. Shaum ini pun biasanya dilaksanakan oleh kaum Nashrani dan Musyrikin Quresy pada masa Jahiliyah dengan alasannya masing-masing. Dengan keteranagan ini jelasnya bulan muharram dianggap istimewa oleh kaum Jahiliyah Quraesy dan kaum Yahudi.

Sementara itu 1 Muharram juga berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Nabi. Salah satunya yakni hijrahnya Rasulullah dan sahabatnya dari Mekah ke Madinah menjadi tonggak sejarah dan mempunyai makna penting untuk kaum muslim. Hijrahnya Rasulullah itu merupakan pertanda kebangkitan islam karena sebelumnya diliputi suasana tidak kondusif di Mekah.

Muarram sendiri adalah bulan yang teramat mulia yang mungkin dari kita tak mengetahuinya. Bulan ini juga disebut bulan haram karena pertama diharamkan berbagai pembunuhan dan orang-orang jahiliyah meyakininya. Selain itu pada bulan ini larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan dibandingan dengan bulan lainnya.

Baca juga : Niat Puasa Sunah Arafah, Keutamaan yang Begitu Luar Biasa Bagi yang Menjalankannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here