Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H!

    0
    23310
    berdoa
    Copyright©Tribunnews

    Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H!

    Indowarta.com – Sebelum membahas lebih jauh terkait dengan doa akhir tahun, alangkah baiknya kita mengetahui sejarah penetapaan awal tahun dan akhir tahun hijraiyah. Menurut keterangan para ahli sejarah, penetapan penanggalan 1 Muharram ini sebagai kalender resmi dalam Islam.

    BACA JUGA : Amalan Amalan Utama yang Sebaiknya Dikerjakan di Bulan Dzulhijjah!

    Kalender ini muncul sejak jaman Umar bin khatab radhiyallahu ~ez_lsquo~anhu. Dan hal ini juga ditandai dengan adanya surat menyurat yang sudah dilakukan oleh para keum muslimin pada saat itu.

    Sehingga dengan itu, penetapan bulan hijriyah masih belum dikenal pada jaman Abu Bakar as-Shiddiq dan jaman Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, pada masa beliau belum ada yang mengenal istilah awal tahun dan akhir tahun.

    WAJIB BACA :  Malam 1 Suro, Begini Asal Mula Malam Tahun Baru Penanggalan Jawa hingga Dianggap Mistis ?

    Mungkin dengan memahami kedaaan diatas, kita dapat menyimpulkan kalau Nabi Muhammad SAW tidak pernah memberikan ajaran mengenai doa akhir tahun dan awal tahun dalam penanggalan ini.

    Manamungkin pada jaman beliau telah mengajarkan mengenai doa akhir tahun dan awal tahun, sedangkan pada saat itu masih belum dikenal penanggalan seperti yang sudah terjadi sekarang ini.

    BACA JUGA : Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah, Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Tanggal 30-31 Agustus, Sekaligus Keutamaan Pahala Di Dalamnya !

    Sehingga, doa akhir tahun tahun ini telah dikerjakan oleh sejumlah orang-orang sholeh sesudah Nabi Muhammad SAW. Berikut bacaan doa awal tahun dan doa akhir tahun:

    Doa Akhir Tahun
    Copyright ©fimadani
    Arti Doa Akhir tahun
    Copyright ©asmaul-husna

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here