Ilham Aidit Sebut Film G30SPKI Rekayasa Karena DN Aidit Tidak Merokok!

0
3018
DN Aidit
Copyright©tempo

Ilham Aidit Sebut Film G30SPKI Rekayasa Karena DN Aidit Tidak Merokok!

Indowarta.com – Kali ini sosok Dipa Nusantara Aidit atau akrab dipanggil DN Aidit tengah menjadi bahan perbincangan. Hal yang mencuat dan diperbincagkan saat ini yakni mengenai adegan merokok Aidit dalam film G30S/PKI.

Salah satu saksi hidup dalam film gerakan 30 September 1965 tersebut yakni Ilham Aidit yang juga merupkan putra bungsu pemimpin senior Partai Komunis Indonesia (PKI) DN Aidit. Dia ikut berkomentar mengenai film tersebut dan dia menyatakan jika ada rekayasa serta banyak kebohongan tentang sosok ayahnya yang diperankan dalam film itu.

Ilham menyampaikan pernyataannya tersebut saat diundang dalam program Indonesia Lawyers Club (ILC) yang disiarkan langsung di stasiun televisis TvOne pada Selasa, 19 September 2017 malam. Saat itu dia mengungkapkan jika salah satu kebohongan ialah sang ayah tidak merokok dan bukan perokok.

WAJIB BACA :  10 Pahlawan Revolusi yang Jadi Korban Kekejaman G30SPKI!

Namun didalam film G30SPKI sang sutradara merekayasa dengan menampilan sosok Aidit seorang perokok berat. Ilham pun menganggap jika adegan tersebut diciptakan melalui film PKI supaya memicu kemarahan masyarakat kepada ayahnya.

DN Aidit
Copyrigth ©jurnalfootage

Selain itu Ilham juga menceritakan sosok DN Aidit dan terakhir kalinya ia berjumpa dengan sang ayah. Ketika itu tanggal 1 Oktober 1965, ia tidak bisa tidur dan ia pun bermain mobil-mobilan yang terbuat dari kayu. Saat itu Ilham kecil bermain hingga ke ruang tamu dan melihat sang ayah menerima tiga orang tamu.

Dia ingat betul ketika itu pukul 23.00 WIB karena dirinya mempunyai kebiasaan menghitung suara dentang jam. Ketika itu sang ayah bertanya kepada Ilham kenapa belum tidur. Tak lama setelahnya ada mobil datang dan dua orang berpakaian TNI Angkatan Laut mengetuk pintu serta mengajak Aidit pergi.

WAJIB BACA :  Curigai Anak PKI Masuk Akmil!

Aidit akan itu terlihat terburu-buru dan seketika istrinya menanyakan hendak kemana. Aidit menjawab jika ia pergi karena dipanggil oleh Paduka Yang Mulia. Aidit kemudian pergi bersama kedua tentara yang menjemputnya dan pada hari itulah terakhir kainya Ilham melihat ayahnya.

Sementara itu Ilham juga mengatakan jika tayangan DN Aidit merokok dalam adegan G30S/PKI merupakan kebohongan. Pasalnya Aidit sendiri tidak merokok, bahkan dia pernah diejek pemimpin dunia seperti Fidel Castro, Bung Karno dan Mao Zedong karea kebisaannya tidak merokok itu.

Pada saat acara di ILC Selasa malam Ilham mengatakan sebagai pembuat film seharusnya pembuat melakukan riset dan menanyakan langsung kebisaan yang dilakukan Aidit terlebih dahulu. ‘Saya dan ibu saya tertawa terbahak-bahak melihat tayangan film G30S/PKI. Sebab penulis film Arifin C Noer kurang riset dan tidak tahu jika Aidit tak merokok’ ujarnya.

Baca juga : Adegan Merokok DN Aidit di Film G30SPKI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here