Panglima TNI Gatot Nurmantyo Sebut TNI Tak Akan Lupa Sejarah ketika Ziarah ke Makam Soeharto!

0
1924
Nurmantyo
Copyright ©jpnn

Panglima TNI Gatot Nurmantyo Sebut TNI Tak Akan Lupa Sejarah ketika Ziarah ke Makam Soeharto!

Indowarta.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melanjutkan serangkaian kegiatan ziarah ke makam para tokoh nasional. Kali ini orang nomer satu di jajaran TNI tersebut mengunjungi makam Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto.

Bersama dengan rombongannya Gatot Nurmantyo tiba di makam Soeharto di Astana Giri Bangun, Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan baret melingkar dikepalanya, Gatot tiba dilokasi pada Selasa, 19 September 2017 sekitar pukul 09.15 WIB.

Tak sendirian Gatot terlihat ditemani oleh sejumlah pejabat TNI lainnya seperti KSAD Jenderal Mulyono, KSAU Maksekal Hadi Thahjanto, KSAL Laksamana Ade Supandi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Tatang Sulaiman dan Danjen Koppasus Mayjen Madsuni. Nampak setelah melakukan sesi ramah tamah mereka memasuki Cungkup Argosari tempat Soeharto dimakamkan.

WAJIB BACA :  Gatot Nurmantyo Belum 'Pantas' Jadi Saingan Prabowo!

Setalah itu para pezirah termasuk Gatot Nurmantyo membaca doa dan tahlil serta proses ziarah diakhiri dengan prosesi tabur bunga. Cukup diketahui sebelumnya Panglima TNI juga telah melakukan ziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur dan makam Presiden keempat RI Abdulrachman Wahid di Jombang.

Nurmantyo
Copyright ©kompas

Menurut Gatot kegiatan tersebut dilakukannya dalam rangka menyambut HUT ke 72 TNI. Dia mengungapkan jika ketiga tokoh tersebut merupakan orang yang luar biasa, meskipun telah meniggal ketiga presiden itu msaih bisa menghidupi masyarakat yang berada disekitar makamnya. Benar saja karena banyak warga yang mencari rejeki dengan berjualan ataupun yang lainnya di lokasi makam yang banyak didatangi orang.

WAJIB BACA :  HUT TNI: Pesan Jokowi Kepada TNI, Waspadai Rongrongan yang Ganggu Pancasila!

‘Setelah saya melihat ketiga makam presiden, makam Bung Karno, makam Pak Harto dan makam Gus Dur saya mengatakan mereka sangat luar biasa. Setiap hari rata-rata yang berziarah mencapai seribu orang dan bisakah kita seperti itu jika kita sudah meninggal nanti?’ ujarnya setelah selesai berziarah di makam Soeharto.

Selain itu Gatot Nurmantyo mengatakan jika aktivitas berziarah merupakan wujud bahwa TNI tidak lupa sejarah. ‘Ziarah ke makam presiden Jenderal Besar Soeharto adalah satu wujud bahwa TNI tidak pernah melupakan sejarah’ tutupnya.

Sementara itu usai dari makam Soeharto di Karanganyar, Jawa Tengah, Gatot akan melanjutkan ziarahnya ke makam Jenderal Besar Sudirman di Yogyakarta. Setelahnya ziarah akan disambung dengan mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja, Dili.

Baca juga : Nonton Bareng Film G30SPKI Sangat Penting Sebagai Pengingat Sejarah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here