BNPB Bantah Hujan Abu Vulkanik dari Gunung Agung!

0
715
Gunung Agung
Copyright ©FLICKR

BNPB Bantah Hujan Abu Vulkanik dari Gunung Agung!

Indowarta.com – Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan, sampai sekarang ini Gunung Agung tidak mengeluarkan abu vulkanik.

BACA JUGA : Lereng Gunung Agung Sudah Terbakar, Api Kian Menyebar!

Terkait dengan itu, telah dikatakan Sutopo  untuk menjawab adanya isu dan postingan di media sosial yang beredar di masyarakat sekitar kaki gunung yang menyatakan kalau gunung di Karangasem, Bali tersebut mengeluarkan abu vulkanik.

Banyaknya informasi yang sudah beredar itu mucul setelah adanya peningkatan level status Gunung Agung yang awalnya waspada menjadi siaga. Peningkatan level ini dilakukan pada Senin (18/9/17) malam setelah dilakukan pemantauan.

WAJIB BACA :  BMKG: Banyak Rumah Rusak dan Satu Gereja Roboh Akibat Gempa Bumi di Poso!

“Berdasarkan laporan dari PVMBG dan pantuan visual dari Pos Pengamatan Gunung Api Agung, belum terjadi hujan abu,” ungkap Sutopo, Selasa (19/9/17).

Berdasarkan data yang didapat dari Pos Pangamatan Gunung Agung mengungkapkan, hingga Selasa (19/9) pagi sudah terjadi gempa vulkanik dasar sebanyak 108 kali yang memiliki durasi mencapai 10 sampai 30 detik.

Gunung Agung (1)
Copyrigth ©BP/dok

Tidak hanya itu, kondisi pada saat itu juga telah terjadi gempa tektonik sebanyak 3 kalai dengan durasi wakktu 30-35 detik. Memang terlihat tidak ada asap yang keluar dari kawah jika secara visual berdasarkan pengamatan.

BACA JUGA : Hujan Abu di Karangasem Ternyata Bukan Dari Gunung Agung!

Gunung Agung masih belum meletus dan tidak mengeluarkan abu vulkanik. Pada Senin, telah terjadi sebuah gempa dengan kekuatan 2,8 magnitudo yang memiliki kedalam mencapai 10 km dengan pusat gempa di sekitar kawasan gunung tersebut.

WAJIB BACA :  Tanda Tanda yang Diyakini Bahwa Gunung Agung Akan Segera Meletus!

Namun, masyarakat sekitar merasakan guncangan gempa tersebut dengan intensitas ringan. Dari analisis patauan satelit Himawari milik BMKG juga menditeksi kalau masih belum adanya hujan abu yang terjadi di sekitar gunung.

Terditeksi anomali suhu yang berada di kawah karena aktivitas Gunung Agung. Meski begitu, tidak ada embusan abu atau sebaran abu yang sudah keluar dari kawan tersebut. Ada 3 hotspot kebakaran hutan serta lahan yang berada di sekitar Kubu Kabupaten Karangasem (sebelah utara-timurlaut) kawah Gunung Agung dalam kurun waktu 24 jam terakhir berdasarkan dari analisis satelit Aqua dan Terra dari Lapan.

BACA JUGA : Status Gunung Agung Jadi Siaga, Warga Setempat Diminta Waspada!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here