Amalan yang Bisa Mendulang Pahala untuk Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 2017!

0
1328
Tahun baru Islam
Copyright ©sisidunia

Amalan yang Bisa Mendulang Pahala untuk Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 2017!

Indowarta.com – Hari ini Kamis, 21 September 2017 bertepatan dengan 1 Muharram 1439 Hijriyah dan ini juga bersamaan dengan dibukanya awal tahun dalam kalender islam. Muharram sendiri merupakan salah satu bulan yang mulia setelah bulan Ramadhan.

Banyak masyarakat muslim di seluruh penjuru dunia yang menyambut tahun baru islam ini dengan antusias. Selain itu cukup diketahui ada banyak kemuliaan yang diberikan oleh Allah SWT pada bulan yang diharamkan untuk perang ini.

Apabila melakukan sejumlah amalan yang dianjurkan pada bulan Muharram ini tentunya banyak sekali kebaikan yang akan didapat kaum muslim. Ada tiga amalan yang bisa dilakukan yakni puasa sunah Asyura, puasa sunah Tasu’a, dan menyantuni anak yatim.

WAJIB BACA :  Tahun Baru Hijriyah 1438 1 Muharam Jatuh Pada Besok Pada Tanggal 2 Oktober 2016 !

Amalan pertama yakni puasa sunah Asyura menjadi amalan mulia yang tentunya akan mendatangkan kebaikan. Selain puasa Ramadhan, puasa yang paling utama ialah saat bulan Muharram. Seperti yang tercantumkan dalam hadist H.R Muslim (11630) dari sahabat Abu Hurairah radiyallohu anhu.

Tahun baru Islam
Copyright ©tribunbatam

‘Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah yaitu Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam’

Kemudian untuk kebaikan puasa yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram juga dijelaska dalam hadist HR Muslim no.1162. ‘Puasa Asyura akan menghapus doa setahun yang lalu’

Niat puasa Asyura sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْم عشرسُنَّة لله تَعَالى
‘Nawaitu sauma Asyuro sunnatal lillahita’ala’
Artinya : Saya niat puasa hari asyura, sunnah kaerna Allah ta’ala

WAJIB BACA :  Pawai Taaruf Akan Dihadirkan Peringati Tahun Baru Islam!

Amalan kebaikan pada tahun baru islam lainnya yakni puasa sunah Tasu’a. Puasa ini dilakukan pada tanggal 9 Muharram dan adapun niatnya sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْم تَاسُعَاء سُنَّة لله تَعَالى
‘Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala’
Artinya : Saya niat puasa tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala

Amalan kebaikan yang juga bisa dilakukan pada tahun baru islam atau tepatnya bulan Muharram yakni menyantuni anak yatim. Menyantuni anak yatim sendiri sebenarnya tidak harus menunggu bulan Muharram. Akan tetapi jika dilakukan pada bulan Asyuro (10 Muharram) maka Allah akan mengangkat derajat orang yang melakukan kebaikan tersebut.

‘Barang siapa yang mengusapkan tangannya kepada anak yatim di hari Asyuro’ (10 Muharram), Maka Allah akan mengangkat derajatnya’

Baca juga : Pawai Taaruf Akan Diharidkan Peringati Tahun Baru Islam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here