SW, Pelaku Penyebab Konten Kebencian di FB Dibekuk POlisi!

0
934
Hari Raya Waisak
Copyright©tstatic

SW, Pelaku Penyebab Konten Kebencian di FB Dibekuk Polisi!

Indowarta.com – Seorang pelaku penyebar ujaran kebencian di media sosial Facebook (FB) telah berhasil diamankan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah. Pelaku diketahui sudah melakukan pengunggahan sejumlah hal yang bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

BACA JUGA : FPI Bangkalan Laporkan Akun FB Ubay Dhuro Pmfc ke Polisi Karena Dinilai Lecehkan Habib Rizieq Shihab!

Kasubdit Ekonomi Khusus Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah AKBP Teddy Fanani mengatakan, identitas pelaku penyebaran ujaran kebencian di FB tersebut berinisial SW, pria berumur 29 tahun ini tinggal di Cangkiran, Mijen, Kota Semarang.

WAJIB BACA :  Berita Terkini : Selama Dua Tahun Terakhir, Facebook (FB) Salah Hitung Penonton Video di Linimasanya Jadi Lebih Tinggi ?

“Pelaku mengunggah status-status yang berbau SARA melalui akun Facebook bernama Rio Wibowo,” ungkap dia seperti dikutip dari Antara.

Teddy menjelaskan, kalau pengungkapan kasus ini berawal dari patroli yang dilakukan oleh Unit Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri. Setelah mendapatkan informasi, ungkap dia, kemudian polisi melakukan pendalaman dan ditelusuri.

Dan dari hal tersebut, kemudian petugas sudah mendapatkan akun pelaku yang kerap mengunggah konten bermuatan SARA di FB ini. Polisi langsung melakukan kontak dengan akun tersebut dengan cara melakukan penyamaran.

“Anggota menghubungi akun tersebut dengan menyamar sebagai perempuan,” pungkasnya.

FB
Copyright©kilatstorage

Setelah melakukan kontak beberapa waktu, pelaku akhirnya berhasil dipancing untuk diajak bertemu. Pada saat itulah, petugas kepolisian langsung melakukan penangkapan kepada pelaku penyebar ujaran kebencian tersebut.

WAJIB BACA :  Berita Terkini : Portugal Juara Euro 2016, CR7 Paling Banyak Dibicarakan di FB !

BACA JUGA : Asma Dewi Banyak Posting Ujaran Kebencian di Pilkada DKI!

Dari penangkapan itu, petugas telah mengamankan sejumlah barang bukti terkait dengan kasus ini, yaitu telepon genggam milik pelaku yang diduga digunakannya untuk melakukan penyebaran ujaran kebencian di FB.

Setelah dilakukan pemeriksaan, kata Teddy, pelaku yang mengaku beragama Islam ini mengatakan kalau dirinya merasa kecewa dengan agama yang dianutnya. Walau begitu, sampai sekarang ini polisi masih melakukan pendalaman untuk mengetahui kebenaran motif pelaku melakukan penyebaran sejumlah status bermuatan SARA di FB.

“Biasa, kalau pelaku kriminalitas tertangkap ada saja alasannya,” ungkap Teddy.

Polisi juga masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mendalami kemungkinan tindakan pelaku berhubungan kelompok atau jaringan yang melakukan penyebaran ujaran kebencian.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Ramai di FB, Gadis Cantik Ini Ditagih Pamerkan Video Hot Usai Indonesia Berhasil Kalahkan Thailand !

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 yang diubah menjadi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

BACA JUGA : Wanita Ini Tega Jual Suaminya di FB Karena Kesal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here