BMKG Bantah Beri Pengumuman Gunung Agung Meletus Malam Ini!

0
1797
Gunung Agung (1)
Copyright ©Instagram/tudebaliwalker

BMKG Bantah Beri Pengumuman Gunung Agung Meletus Malam Ini!

Indowarta.com – Pada pekan lalu, status Gunung Agung telah ditingkatkan dari waspada menjadi awas. Tak lama setelah itu, ada kabar yang tersebar di masyarakat melalui media sosial yang menyatakan kalau gunung yang berada di Bali ini akan meletus pada malam hari ini, Senin (25/9/17).

BACA JUGA : Detik Detik Gunung Agung Meletus di Tahun 1963 yang Tewaskan Banyak Jiwa!

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya Agus Wahyu Raharjo membantah, pihaknya sudah mengeluarkan sebuah pernyataan mengenai besaran dan waktu letusan dari Gunung Agung yang sudah berada di level Awas tersebut.

WAJIB BACA :  Heboh Ribuan Burung Pipit Mati di Karangasem, Ada Apakah Gerangan?

Bahkan, bukan sebuah wewenang dari BMKG Juanda Surabaya untuk menentukan besaran dan waktu letusan dari Gunung Agung tersebut. Oleh karena itu, Agus mengatakan kalau pihaknya tidak pernah mengeluarkan penyataan tersebut.

“BMKG Juanda tidak pernah mengeluarkan informasi tentang waktu dan besar letusan Gunung Agung di Bali serta gunung api lainnya. Karena hal tersebut bukan menjadi tugas dan kewenangan BMKG Juanda Surabaya,” ujar Agus pada keterangan resminya, Senin (25/9/17).

Gunung Agung
Copyright ©Mongabay Indonesia

Agus menjelaskan, kalau tugas dari BMKG Juanda sekedar memberikan informasi terkait dengan semburan abu vulkanik dari gunung tersebut. Terlebih, kalau hal tersebut dilakukan hanya untuk keselamatan penerbangan di Bandara Juanda Surabaya.

BACA JUGA : BNPB Komentari Banyaknya Kabar Hoax Soal Meletusnya Gunung Agung!

“Segala informasi yang dikeluarkan BMKG Juanda Surabaya akan disampaikan secara resmi dan disampaikan kepada para pemangku kepentingan terkait,” jelasnya.

WAJIB BACA :  Pesawat Dilarang Melintas di Area Gunung Agung Jika. . .

Sebelumnya, telah diketahui adanya informasi terkait dengan prediksi meletusnya Gunung Agung, Bali, dari BMKG Juanda Surabaya yang tersebar di media sosial. Dari kabar tersebut menyatakan kalau debu abu vulkanik sangat tebal akan mengarah ke Surabaya. Berikut kabar lengkapnya:

Diperkirakan Gunung Agung meletus malam ini. Dan arah angin ke Barat. Ke arah Surabaya. Yang di Surabaya dan sekitarnya bisa siapkan masker. Karena debu vulkanis akan sampai Surabaya dan merujuk letusan tahun  1963, debu sangat tebal bahkan saat siang matahari tidak tampak, tertutup debu vulkanik. Hati-hati, status 4 Awas, gunung Agung di Bali hanya tinggal meletusnya, informasi dari BMKG Juanda, berhati-hati lah jika dalam perjalanan menuju kearah timur di Jawa Timur, karena dalam perkiraan instansi yang berwenang mengabarkan, jika Gunung Agung dalam waktu dekat ini akan meletus hebat seperti pada tahun 1963, yang abunya bisa mencapai kota surabaya, tebaran abu paling tebal dan menghambat jalan raya antara Banyuwangi-Jember-Bondowoso-Situbondo-Lumajang sampai ke arah Probolinggo, hati-hati bagi semua pengendara kendaraan bermotor, tetap waspada sambil mendengarkan berita kelanjutannya.

Baca Juga Tanda Tanda yang Diyakini Bahwa Gunung Agung Akan Segera Meletus!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here