Syarat Membuat SIM untuk Difabel!

    0
    1152
    Syarat SIM Difabel
    Copyright©beritasatu

    Syarat Membuat SIM untuk Difabel!

    Indowarta.com– Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia ini telah terdiri dari lima golongan yakni A, B1, B2, C, dan D. bukti registrasi dan juga identifikasi itu diberikan kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administasi, sehat jasmani dan rohani, serta terampil di dalam mengemudian kendaraan bermotor.

    BACA JUGA : Media Eropa Sampai Amerika Beri Atensi untuk Kota Meikarta!

    Secara umum berdasarkan dari pasal 81 ayat 2, 3, 4, dan 5 Undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, syarat utama seseorang mendapatkan SIM, yaitu sudah berusia 17 tahun, sehat jasmani, hingga lulus uji teori dan praktik.

    WAJIB BACA :  Mulai 25 Juni, Pemohon SIM Pribadi Wajib Lakukan Tes Psikologi!

    Namun ada sedikit perbedaan untuk para pemohon SIM D yang merupakan khusus kaum difabel. Berdasarkan dari Peraturan Kapolri (Perkap) No.9 tahun 2012, syarat SIM Difabel adalah berusia minimal 17 tahun, memiliki kartu tanda penduduk (KTP), dokumen keimigrasian untuk WNA, pengisian form pendaftaran, rumusan sidik jari. Faktor kesehatan jasmani juga akan tetap diperhatikan namun hanya akan mencakup penglihatan, pendengaran dan juga fisik atau perawakan.

    Syarat SIM Difabel
    Copyright©brilio

    Sementara itu untuk mekanisme penerbitan SIM D ini seperti memberikan surat keterangan kesehatan dokter, bukti pembayaran PNBP SIM dari bank, mengisi formulir pemohon penerbitan SIM, pendaftaran. Setelah itu akan juga ada uji praktik, ujian simulator hingga teori.

    BACA JUGA : Menteri Tjahjo Sindir Deddy Mizwar Soal Meikarta!

    Namun uji praktiknya nanti akan berbeda dengan para pemohon SIM golongan yang lainnya. Hal ini dikarenakan kaum difabel telah disediakan kendaraan khusus. Sebagai contoh adalah kendaraan motor dengan spesifikasi tertentu yang sesuai dengan kemampuan dari para penyandang disabilitas tersebut.

    WAJIB BACA :  Ramai di Media Sosial, Awas Informasi Soal Tak Perlu Perpanjang SIM itu Hoax!

    Polisi sendir kini tengah mempromosikan lagi pembuatan SIM D untuk difabel. Bisa jadi pada saat ini masih belum banyak yang tahu bahwa penyandang disabilitas ini telah diperbolehkan mengendarai sepeda motor khusus di jalan raya asal telah mengantongi SIM D. hal ini telah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 mengenai lalu lintas dan Angkutan Jalan.

    Persisnya ini ada di dalam pasal 80 mengenai bentuk dan juga penggolongan SIM. SIM D ini berlaku untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi para penyandang disabilitas.

    baca juga : 

    Cara Mudah menghasilkan Uang dengan Modal Internet!

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here