Ini Alasan 4 Fraksi Tolak Lanjutkan Kerja Pansus Hak Angket KPK!

0
754
Copyright ©Kabar24

Ini Alasan 4 Fraksi Tolak Lanjutkan Kerja Pansus Hak Angket KPK!

Indowarta.com – Empat fraksi di parlemen menolak meneruskan kerja Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penolakan itu disampaikan dalam Sidang Paripurna ke-6 di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (26/9).

Empat fraksi itu yakni Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi Partai Demokrat, dan Fraksi Gerindra. Anggota Fraksi PKS Martri Agoeng menjelaskan sejak awal sikap partainya sudah jelas, yakni menolak keberadaan pansus KPK.

Politikus Partai Gerindra Nizar Zahro mengatakan Fraksi Gerindra akan menolak rekomendasi apapun yang bisa melemahkan kinerja KPK. Ia meminta kepada pansus hak angket KPK untuk memikirkan ualang bila ingin memperpanjang masa kerjanya.

WAJIB BACA :  KPK Geledah Kantor Dinas Soal Jual Beli Jabatan Bupati Nganjuk!

Baca Juga Berita Terkini: Sikap Fahri Hamzah Soal Hak Angket KPK Rugikan PKS?

Anggota Fraksi PAN Yandri Susanto menyatakan kalau kerja Pansus Hak Angket KPK tidak perlu diteruskan. Menurutnya, laporan yang disampaikan Pansus KPK sudah bagus dan tinggal dibuat rekomendasi.

hak angket kpk
Copyright ©Kabar24

Seangkan Fraksi Partai Demokrat yang diwakili oleh Erma Suryani menilai tidak tepat jika kerja pansus diperpanjang. Demokrat, tidak akan mendukung jika kerja Pansus KPK diperpanjang.

Dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat ke-6, anggota parlemen sepakat menerima laporan kerja Pansus Hak Angket KPK. Pimpinan sidang Fahri Hamzah mengatakan sidang paripurna tidak untuk membahas perpanjangan masa kerja pansus, tetapi mendengar laporan saja.

WAJIB BACA :  Hak Angket KPK Dilatar Belakangi Oleh Balas Dendam?

Namun sikak Fahri Hamzah itu kembali dipersoalkan. Itu lantaran saat memimpin sidang paripurna, dia mengetok palu tanpa menanyakan pendapat setuju atau tidak kepada satu per satu partai.

Baca Juga Berita Terkini: Bertambah 7, Inilah Nama 26 Inisiator Hak Angket KPK!

“Apakah setuju atau tidak dengan laporan tadi?” tanya dia kepada seluruh anggota yang hadir dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/9). Dan mayoritas peserta menjawab setuju.

Karena keputusan itu, sejumlah anggota fraksi meninggalkan ruangan. Bukan saja karena kecewa namun juga agenda pertama dalam rapat paripurna pengambilan keputusan terkait Pansus Angket KPK tuntas. Sebelum diambil persetujun, Wakil Ketua Fraksi PKS Ecky wal Muharram mngatakan agar pimpinan menanyakan ke satu per satu fraksi.

WAJIB BACA :  Lagi! Bupati Talaud Sri Wahyudi Ditangkap KPK

Dia juga menegaskan kalau pimpinan dewan bukan hanya Fahri seorang. Fahri lantas menjawab bahwa di dalam UU MD3, setelah laporan tugas pimpinan menanyakan apakah hal itu diterima atau tidak. Lalu, pansus membuat kesimpulan dalam jangka 1-2 minggu untuk kembali meminta persetujuan diperpanjang atau tidak.

Baca Juga Hak Angket KPK Dilatar Belakangi Oleh Balas Dendam?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here