CIA Pantau Benar Peristiwa G30SPKI 1965, Ini Buktinya!

0
1979
film G30SPKI
Copyrigth ©rilis

CIA Pantau Benar Peristiwa G30SPKI 1965, Ini Buktinya!

Indowarta.com – Adanya peristiwa G30SPKI yang terjadi pada 1965 adalah babak sejarah yang sangat abu-abu untuk Indonesia. Terlebih, adanya peristiwa tersebut juga dipantau langsung oleh CIA, yang merupakan badan intelijen Amerika Serikat.

Terjadinya bagaimana CIA telah melakukan pematauan pada peristiwa G30SPKI pada tahun 1965 bukan hanya isapan jempol. Ini merupakan cerita dimana CIA yang sudah mengikuti adanya kejadian PKI itu di Indonesia.

BACA JUGA : Adegan Merokok DN Aidit di Film G30SPKI!

Sejumlah laporan intelijen yang dihasilkan dari pergerakan rasia CIA pada masa itu tidak lagi menjadi rahasia. Terima kasih diberikan kepada UU Kebebasan Informasi yang ada di Amerika Serikat tersebut, yang sudah memberikan tuntutan untuk membuka rahasia kepada publik setelah 50 tahun.

WAJIB BACA :  Kisah Tumbangnya Dominasi Presiden Soekarno Karena Penghianatan G30SPKi!

Dikutib dari Detik.com, dalam situs CIA, pada Selasa (26/9/17), di dalamnya terdapat  ‘The President’s Daily Brief’. CIA menilai, kalau hal tersebut adalah kompilasi laporan intelijen yang diberikan oleh CIA kepada empat presiden, diantaranya John F Kennedy, Lyndon B Johnson, Richard Nixon, dan Gerald Ford, dalam kurun waktu 1961-1977.

Laporan
Copyright ©Detik

Hanya sampai disitulah laporan dari CIA yang diberikan kepada Presiden AS yang dapat dibuka kepada publik lantaran UU Kebebasan Informasi. Terlebih, sebelum 50 tahun, ada sejumlah dokumen uamh sudah dibuka. Hal itu dilakukan lantaran sudah dianggap relative aman.

BACA JUGA : Fakta yang Tak Terungkapkan dalam Film G30SKPI!

Sehingga, dari 2.500 laporan intelejen tersebut, dari pandangan CIA ada 17 persen karena laporan yang berasal dari Indonesia. Laporan yang sudah ada pada intelijen tersebut salah satunya termasuk mengenai peristiwa G30SPKI.

Terlebih, sekarang ini sejumlah laporan itu dapat didownload serta dibaca. Akan tetapi, sejumlah informasi yang dianggap rahasia dan sangat sensitif sudah dilakukan pensesoran. Meski begitu, dengan sejumlah laporan itu pembaca sudah dapat menggambarkan ceritanya.

WAJIB BACA :  Penampakan Menyeramkan Gedung yang Pernah Dipakai PKI di Jakarta Pusat!

Sudut padang Amerika Serikat kepada Indonesia bisa dilihat melalui ‘The President’s Daily Brief’ dari CIA. Pada masa 1965-1966, kita dapat mengetahui bagaimana sikap yang ditunjukkan oleh Amerika Serikat kepada para PKI dan Presiden Sukarno.

Sebulan sebelum adanya peristiwa G30SPKI itu, beberapa agen CIA sudah sangat intens untuk melaporkan kondisi PKI dan Indonesia. Mereka lebih kencang untuk melakukan pemantauan setelah peristiwa tersebut.

baca juga : Dikenang Sebagai Ketua PKI, Siapakah DN Aidit Sebenarnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here