Megawarti Soekarnoputri Terima Gelar Doktor Honoris Causa Kelima Dari UNP!

0
521
Megawati
Copyright©nasionalkompas

Megawarti Soekarnoputri Terima Gelar Doktor Honoris Causa Kelima Dari UNP!

Indowarta.com – Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar doktor honoris causa dari Uiversitas Negeri Padang (UNP) . Megawati mengaku deg-degan menerima gelar dokter kelima dari perguruan tinggi di Padang, Sumatera Barat ini.

Hal ini diungkapkan oleh Megawari Soekarnoputri saat membawakan pidato ilmiah di Auditorium Kampus UNP, Padang, Sumatera Barat pada rabu, 27 September 2017. ‘Jujur saat Pak Rektor tadi mengatakan semua senat berkumpul dan anyak guru besar. Saya sempat deg-degan’ ujarnya.

Gelar doktor honoris causa ini bukanlah pertama kali diterima oleh Megawati. Presiden kelima Indonesia ini sebelumnya telah menerima empat gelar yang sama. Keempat gelar itu diterima dari Universitas Waseda, Tokyo Jepang; Korea Maritime and clean University; Moskow State Institute of International relation dan Universitas Padjadjaran.

WAJIB BACA :  Megawati Mengaku Masih Berteman dengan Prabowo, Tapi Anak Buahnya Kok Gitu Ya ?

Katua umum PDI Perjuangan ini mengaku merasa deg-degan karena gelar doktor honoris causa yang diterimanya ini berkaitan dengan bidang pendidikan. Dia pun mengaku sangat antusias, bangga sekaligus bersyukur dengan gelar yang diberikan kepadanya ini. Menurutnya suatu kehormatan medapatkan penghargaan untuk bidang pedidikan atau lebih tepatnya berkaitan dengan politik pendidikan.

Megawati
Copyright©nasionalkompas

Megawati Soekarnoputri dianggap sebagai pelopor lahirnya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tanggapan diberikan oleh Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristyanto dengan mengatakan jika politik pendidikan yang disampikan oleh Megawati menunjukan konsistensi idelogi bangsa yakni Pancasila.

Selain itu Megawati juga kerap menyampaikan pandagannya serta membandingkan dengan kondisi kekinian dengan dulu. Dahulu saat dijajah Indonesia bisa menghasilkan banyak tokoh nasional yang mampu mendedikasikan hidupnya bagi bangsa dan negara serta berjuang degan rasa cinta tanah air. Namun hal kontras justru terjadi pada masyarakat Indonesia saat ini.

WAJIB BACA :  Setelah Jokowi, SBY Siap Safari Politik Temui Megawati?

Sementara itu sejumlah sahabat dan keluarga Presiden kelima Indonesia ini nampak hadir dalam acara peganugerahan gelar tersebut. Ketika tiba di Padang, Megawati Soekarnoputri langsung diambut oleh Menetri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat Alex Indra Lukman hingga Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Dalam pidato yang disampaikannya, Megawati mengaku beruntung bisa mendapatkan pendidikan politik langsung dari sang ayah Ir Sokearno yang merupakan bapak bangsa. Menurutnya politik dan pendidikan adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan.

Baca juga : Menolak Lupa, Ini Dia Kekerasan HAM yang Terjadi di Zaman Megawati Soekarnoputri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here