Setya Novanto Kini Diujung Tanduk!

0
1544
Setya Novanto
Copyright ©Reuters

Setya Novanto Kini Diujung Tanduk!

Indowarta.com – Tim Kajian elektabilitas Partai Golkar merekomendasikan Ketua Umum Golkar Setya Novanto untuk mundur dari jabatannya dan segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt). Rekomendasi trsebut muncul lantaran status tersangka yang kini disandang Setnov.

Seperti yang dikethaui, Novanto terjerat kasus korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik atau e-KTP. Hal itu dinilai membuat elektabilitas Golkar terjun bebas.

Rekomendasi itu telah disarankan pada Novanto oleh Sekretaris Jenderal Golkar Isrus Marham. Tim kajian elektabilisan Golkar dipimpin oleh Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Golkar, Yorrys Raweyai.

Baca Juga Penampakan Setya Novanto Terbaring Lemas di RS Premier Jatinegara!

Yorrys merupakan orang yang mendukung kembalinya Setnov ke kursi DPR pasca mengundurkan diri akibat kasus dugaan pencatutan nama Presiden Jokowi untuk meminta sebagian saham Pt Freeport Indonesia.

WAJIB BACA :  Cuitan 'Nyindir' Mahfud MD soal Pengacara Setya Novanto Lapor ke Pengadilan HAM!
Copyright ©Merdeka

Saat itu Novanto tengah menjalani sidang etik di Mahkamah Kehormatan DPR mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPR sehingga kasus yang dikenal dengan sebutan ‘Papa Minta Saham’ itu berakhir dengan sendirinya.

Waca pengembalian Setya Novanto ke kursi DPR muncul menjelang terjadinya aksi 2 Desember 2016 terkait pernyataan mantan Gubernur DKI Jkarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang berujung pada kasus penodaan agama.

Kala itu Novanto sudah menduduki kursi Ketua Umum Golkar. Yorrys mengatakan kalau Novanto sudah bersih namanya sejak MK memutuskan pasal 5 Unang-undang ITE yang memperbolehkan rekaman penyadapan menjadi alat bukti hukum dibatalkan.

Amar putusan itu membuat Golkar mendorong Novanto untuk kembalai ke kursi Ketua DPR. Saat itu, Yorrys mengatakan sebagai Ketua Umum, Setnov merupakan simbol partai. Jika kembali ke kursi DPR maka turut membesarkan nama Golkar.

WAJIB BACA :  Fahri Hamzah Minta Setya Novanto Diperlakukan Seperti Richard Joost Lino!

Baca Juga Golkar Akan Tunjuk PLT Ganti Setya Novanto?

Namun kini Yorrys justru menyarankan Setya Novanto untuk mundur dari posisinya ssaat ini sebagai ketua Umum Golkar dengan alasan sama yang dikemukankannya kala mendorong Novanto kembali ke kursi Ketua DPR yakni demi citra partai.

Secara terbuka juga dijelaskan penyebab utama terjun bebasnya elektabilitas olkar yakni karena status tersangka yang disandang Novanto. Bahkan Yorrys meyakini Golkar akan menyusun struktur kepengurusan baru sebelum 20 Oktober mendatang.

Ia juga mengatakan kalau Golkar telah menyiapkan sejumlah opsi jika nantinya Setya Novanto enggan mundur sebagai ketua Umum Golkar.

Baca Juga KPK Masih Buru Kesehatan Setya Novanto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here