Niat Puasa Hari Tasu’a dan Asyura 9-10 Bulan Muharram, Pahalanya Tiada Tara!

0
29837
iniat puasa Tasu'a dan Asyura
Copyright©warta

Niat Puasa Hari Tasu’a dan Asyura 9-10 Bulan Muharram, Pahalanya Tiada Tara!

Indowarta.com – Kali ini kaum muslm dianjurkan menjalankan puasa sunnah Asyura & Tasu’a karena pahalanya luar biasa besar. Niat Puasa Tasu’a dan Asyura tentunya sudah menjadi barang wajib sebelum menjalankan puasa sunnah ini.

Bagi sipaa saja yang berniat untuk melakukan dua puasa sunnah ini sudah semestinya menegtahui lafadz ataupun bacaan niat Puasa Tasu’a dan Asyura. Akan tetapi kita ketahui jika niat tersebut terletak didalam hati dan paling baik diucapkan dengan hati kemudian diikuti dengan lisan.

Akan tetapi untuk kaum muslimin yang bermadzab safi’i atau madzab yang paling banyak dianut oleh kaum muslim Indonesia bahwa mengucap niat merupakan sebuah kesunahan. Tapi tidak ada salahnya jika kita mengucap niat bagi siapa saja yang ingin menjalankan puasa sunah Asyura maupu Tasu’a.

WAJIB BACA :  Keistimewaan Puasa Asyura 'Besok' yang Nggak Boleh Dilewatkan!

Niat Puasa Tasu’a dan Asyura mauapun pelaksnannya tak jauh beda dengan puasa sunnah lainnya sepetti puas senin kamis, arafah dan tarwiyah. Namun cukup diketahui jika puasa di bulan Muharram pun didalamnya juga tersimpan berbagai keutamaan dan keunggulan diantaranya menghapus dosa setahun yang lalu dan puasa sunnah Asyura bulan Muharram lebih utama dibadingkan puasa sunnah lainnya.

iniat puasa Tasu'a dan Asyura
Copyright©banjarmasinpost

Bulan muharram sendiri sudah menjadi salah satu bulan agung dan mulia yang di dalamnya memiliki banyak sekali keunggulan, keutamaan serta keistimewaan. Selain itu juga terdapat peristiwa penting sepajang sejarah agama islam yang mana ada hubungannya langsung dengan perjuangan para nabi salah satunya ketika di terimanya kembali taubat nabi Adam as, diangkatnya nabi Idris ke langit, diselematkannya nabi Nuh dan masih banyak lagi.

WAJIB BACA :  Catat Tanggalnya, Jadwal Puasa Muharram 1440 H, Ini Niat dan Keutamaannya !

Untuk itu pada bulan Muharamm ini juga dianjurkan menjalanjkan puasa sunnah Tasu’a dan puasa Asyura pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Sedangkan mengenai sejarah diperintahnya kedua puasa sunnah ini yakni ketika baginda Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan saat itu kaum Yahudi sedang melaksanakan puasa.

Pada saat itu Rasulullah bertanya ‘Puasa apa yang kalian kerjakan’. Mereka pun menjaawab jika hari itu merupakan hari baik dimana nabi Israil telah diselamatkan Allah dari kejaran musuh dan nabi Musa as pun melakukan puasa sebagai rasa syukur sehingga kaum Yahudi mengikutinya.

Sementara itu jangan khawatir bagi Anda yang belum mengetahui niat Puasa Tasu’a dan Asyura. Berikut adalah niat puasa Asyura  dan Tasu’a lengkap dengan artinya :

WAJIB BACA :  Keistimewaan Puasa Asyura 'Besok' yang Nggak Boleh Dilewatkan!

Niat puasa Tasu’a tanggal 9 Muharrram :

‘Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala’
artinya : Saya niat puasa tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala

Niat Puasa Asyura tanggal 10 Muharram :

‘Nawaitu sauma asyuro sunnatalillahita’ala’
asrtinya : Saya niat puasa hari asyura, sunnah karena Allah ta’ala.

baca juga : Niat Puasa Sunah Arafah, Keutamaan yang Begitu Luar Biasa Bagi yang Menjalankannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here