Tanda Visual Gunung Agung Meletus Masih Belum Nampak!

0
702
Gunung Agung
Copyright ©nawacita

Tanda Visual Gunung Agung Meletus Masih Belum Nampak!

Indowarta.com – Sejak ditetapkan dalam status awas, jumlah pengungsi terus bertambah. Bahkan hingga Kamis (28/9/17) sore, jumlah pengungsi Gunung Agung sudah mencapai 134.229 jiwa yang menempati 484 titik pengungsian yang sudah tersebar di sembilan kota kabupaten dan kota yang berada di Bali.

BACA JUGA : Magma Sudah Terlihat Dari Permukaan Gunung Agung?

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, adanya peningkatan jumlah pengungsi ini dikarena masyarakat yang bertempat tinggal diluar radius bahaya memutuskan untuk ikut mengungsi.

Adanya hal ini terjadi lantaran kurangnya informasi yang didapat masyarakat mengenai zona merah, serta untuk menghindari bahayanya erupsi yang akan di sebabkan oleh Gunung Agung.

WAJIB BACA :  Sinar Merah Sampai Kepulan Asap Di Erupsi Gunung Agung!

“Batas radius berbahaya yang ada di peta tidak tampak di lapangan. Masyarakat sulit mengetahui posisi sebenarnya,” kata Sutopo, Jumat (29/9/2017).

Gunung Agung
Copyright ©FLICKR

Kejadian ini ditambah dengan adanya peningkatan status Awas yang sudah dilakukan pada malam hari, disertai dengan beredarnya kabar hoax mengenai aktivitas dari Gunung Agung di media sosial beberapa waktu ini. Sehingga kondisi itu sudah menyebabkan masyarakat yang tinggal dikawasan yang aman dari erupsi gunung yang berada di Bali ini ikut mengungsi.

BACA JUGA : Pemerintah Pastikan Diri Siap Antisipasi Erupsi Gunung Agung!

“Ini adalah hal yang manusiawi dan sering ditemukan di tempat lain,” ungkap Sutopo.

Dari total jumlah pengungsi yang mencapai 134.229 orang ini, sebanyak 5.879 jiwa berada di kawasan Badung yang ditempatkan di 15 titik pengungsian. Sedangkan di Kabupaten Bangli berjumlah 6.158 jiwa yang ditempatkan di 30 titik, Kota Denpasar mencapai 11.036 jiwa yang berada di 51 titik, dan Kabupaten Buleleng di 26 titik ada 16.901 jiwa.

WAJIB BACA :  Gunung Agung Berpotensi Meletus Dahsyat Layaknya Tahun 1963!

Sementara untuk Kabupaten Gianyar ada 16 titik yang ditempai oleh 12.084 jiwa, Kabupaten Karangasem di 122 titik yang ditempati oleh 49.575 jiwa, Kabupeten Jembrana di 29 titik ditempati oleh 420 jiwa, Kabupaten Tabanan di 26 titik ditempati oleh 4.851 jiwa, dan yang terakhir di Kabupaten Klungkung terdapat 173 titik yang ditempati oleh 27.395 jiwa.

Sampai sekarang ini aktivitas vulkanik yang ditunjukkan oleh Gunung Agung masih tinggi. Adanya aktivitas vulkanik ini menunjukkan masih adanya sebuah dorongan dari magma untuk muncul kepermukaan.

“Pengamatan visual tanda-tanda erupsi belum tampak. Tidak dapat diprediksi pasti kapan Gunung Agung akan meletus. Status tetap Awas (Level 4),” ujar Sutopo.

BACA JUGA : Peluang Gunung Agung Meletus Sangat Besar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here