Heboh Bocornya Isi Surat Sri Mulyani Kepada Bos Freeport!

0
1092
Sri Mulyani,
Copyright ©Kompas

Heboh Bocornya Isi Surat Sri Mulyani Kepada Bos Freeport!

Indowarta.com – Sebanyak dua berita surat bocor menjadi warna tersendiri dalam pemberitaan dari sektor energi dan tambang minggu lalu. Bocornya Surat Sri Mulyani (Menteri Keuangan) menjadi salah satu perbincangan hangat pekan kemarin.

Surat Menkeu, Sri Mulyani Indrawati yang bocor itu mengenai kondisi keuangan PLN. Surat itu sendiri ditujukan kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Kemenkeu Hadiyanto. Surat Sri Mulyani itu menjadi heboh karena ditujukan kepada Jonan dan Rini yang dirilis 19 September 2017 dengan nomor 781/MK.08/2017 bersifat penting dan segera.

Dalam surat tersebut dijelaskan terkait dengan kondisi keuangan PLN. Dikatakan kondisi keuangan BUMN yang menanganai listrik itu cukup mengkhawatirkan karena besarnya kewajiban pembayaran pokok dan bunga pinjaman yang tidak didukung dari pertumbuhan kas bersih koperasi.

WAJIB BACA :  Membanggakan! Arief Yahya  dan Empat Menteri dalam Kabinet Kerja Dinobatkan Sebagai Menteri Terbaik

Selaian itu dalam surat tersebut juga disebutkan jika ada potensi terjadinya gagal bayar oleh PLN. Kondisi tersebut diperkirakan akan semakin buruk karena PLN sendiri tengah melakukan program pembangunan 35.000 MW yang menjadi penugasan pemerintah.

Surat Sri Mulyani
Copyrigth©istimewa

Lantas surat Sri Mulyani itu bisa dikatakan juga membenarkan ramalan dari Rizal Ramli mengenai kondisi PLN terkait dengan program 35.000 MW. Ketika itu Rizal sendiri buka suara dengan mengkritik program tersebut ketika dirinya masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman dua tahun lalu tepatnya tahun 2015.

Dikatakan oleh Rizal jika dalam 5 tahun mendatang tepatnya 2019 Indonesia hanya membutuhkan pembangkit lisrik dengan total kapasitas 16.000 MW. Dia mengatakan jika program 35.000 MW tersebut dipaksakan oleh pemerintah maka PLN akan mengalami kebangkrutan. ‘Jika program 35.000 ini tetap dipaksakan, maka akan membahayakan keuangan PLN. Bahkan bisa jadi PLN akan bangkrut’ ujar Rizal pada 7 Seprember 2015 silam.

WAJIB BACA :  Sudirman Mengaku, Tak Pernah Sebut Ada Pertemuan Rahasia Antara Jokowi dengan Freeport !

Sedangkan menurut Menteri BUMN, Rini Soemarno wajar saja jika Sri Mulyani mengirimkan surat seperti itu. Dia memandang jika surat itu dikirim oleh Menkeu sebagai bentuk perhatian mengingat kondisi keuangan PLN saat ini. Selain itu Dirut PLN, Sofyan Basir juga menegaskan jika kondisi keuangan PLN masih sehat dan dia mengaku akan segera menyiapkan surat balasan untuk Sri Mulyani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here