Ini Penyebab Kereta Anjlok di Manggarai!

0
770
Kereta anjlok
Copyright©megapolitan

Ini Penyebab Kereta Anjlok di Manggarai!

Indowarta.com – Kereta Commuter Line (KCL) 1507 jalur Bogor-Angke anjlok di wilayah Stasiun Manggarai pagi ini Selasa, 3 Oktober 2017. Akibat kereta anjlok ini ini membuat sejumlah perjalanan commuter line terganggu karena sejumah pejalanan kereta dihentikan sementara waktu.

Mengenai terganggunya perjalanan kereta api ini juga diungkapkan oleh juru bicara PT Kereta Commuter Indoensia (KCI) Eva Chairunnisa. ‘Dampak dari anjloknya KA Bogor-Angke di wilayah Stasiun Mangarai menyebabkan sejumlah perjalanan terganggu. Kejadian sendiri terjadi sekitar pukul 07.40 WIB’ ujarnya saat dimintai keterangan pada Selasa, 3 Oktober 2017.

Eva menambahkan jika petugas gabungan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta dan PT KCI telah dikerahkan untuk melakukan evakausi KRL yang anjlok. Pada saat evakuasi tersbeut KRL dari arah Manggarai menuju Sudirman ataupun sebaliknya tidak dapat beroperasi sementara waktu.

WAJIB BACA :  Naik 10 Kereta Ini Gratis Ketika 17 Agustus 2017 Nanti!

‘Saat dilakukan evakuasi KRL dari arah Manggarai menuju Sudirman maupun sebaliknya tak dapat beroperasi’ sambungnya.

Kereta anjlok
Copyright©tempo

Maka dari itu bagi pengguna yang ingin mengunakan KRL bisa dari Stasiun Manggarai dengan tujuan Jatinegara dan menggunakan KRL Loop Line yang berangkat dari Jatinegara. Sedangkan untuk pengguna yang tidak dapat menunggu evakuasi KRL, dihimabu untuk menggunakan moda transportasi alternatif dari stasiun terdekat seperti halnya Stasiun Tebet.

Terkait kereta anjlok di Stasiun Manggarai ini juga ditanggapi oleh Direktur Utama PT Kereta Commuter Indoneisa (KCI) Muhammad Nurul Fadhila. Dia mengatakan jika KRL dengan jalur Bogor-Angke anjlok karena disebabka oleh perubahan sistem persinyalan.

‘Kita dua hari lalu melakukan switch over persinyalan yakni dari persinyalan lama ke persinyalan yang baru’ ujarnya saat ditemui di Stasiun Mangarai pada Seasa, 3 Oktober 2017.

WAJIB BACA :  Pengumuman Hasil Reqruitmen PT KAI 2016 Sudah Bisa Dilihat Mulai Hari Ini !

Fadhil menambahan jika kereta 1507 anjlok dengan posisi keteta terakhir, roda atau bogie depannya mengarah ke Sudirman, tapi roda belakangnya menuju ke arah Cikini. Kondisi itu bisa disebut dengan istilah double spoor dan kondisi tersebut secara otomatis menyebabkan kerena anjlok dari jalurnya.

Sekali lagi Fadhil menegaskan jika kereta anjlok pada Sealsa pagi, di sekitar Stasiun Manggarai karena perubahan sinyal. Perubahan sinyal sendiri saat ini memang menjadi rangkaian revetalisasi Stasiun Manggarai yang terus dilangsungkan. Menurut Fadhil revetalisasi persinyalan di Jabodetabek dilakukan untuk membuat frekuensi perjalanan lebih efisien.

Baca juga : Berita Terkini: Kereta Anjlok di Manggarai, Penumpang Berhamburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here