Alasan Utama Bung Karno Tak Mau Bubarkan PKI!

0
16454
PKI
Copyright©tribunbogor

Alasan Utama Bung Karno Tak Mau Bubarkan PKI!

Indowarta.com – Presiden ke 2 RI Soeharto tentunya sangat berkesan dimata rakyat Indonesia. Tak hanya dikenal sebagai Bapak Pembangunan mantan jenderal bintang lima ini juga dikenal sebagai penumpas gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Soeharto lah orang yang berupaya membubarkan PKI yang diketahui sering melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Indonesia. Dalam sebuah rekaman suara Soeharto yang diunggah di Youtube menceritakan lengkap keberadaan komunis di Indonesia mulai dari marhaenusme serta hubungan marheansme dengan komunis dan marxisme.

Selain itu Presiden kedua tersebut juga berbicara konsep Presiden Ir Soekarno yang ingin tiga idelogi bersatu yakni ideologi agama, komunis dan nasionalis. Video itupun diunggah oleh akun Daeng AM pada Youtibe berjudul ‘Ditemuka Suara Asli Soeharto Pidato Mengenai G 30 S PKI itu Soeharto sudah mengetahui ancaman PKI sejak lama’.

Soeharto saat itu merupakan Panglima Tentara Teritorial Diponegoro di Jawa Tengah tahun 1958 mendampingi Soekarno dalam sebuah kunjungan. Selain menemani, Soeharto sepanjang perjalanan mempertanyakan mobilitas PKI yang terus meningkat di Jawa Tengah. Apalagi PKI kala itu memenangi Pemilu tahun 1955 di Jawa tengah sehingga hal itu membuat dirinya dan prajurit TNI lainnya khawatir.

WAJIB BACA :  Puncak Kegalauan Soeharto Sebelum Akhirnya Mundur. . .
PKI
Copyright©nsinalkompas

Pada saat itu dia menanyakan terkait keberadaan PKI yang mengancam NKRI. Pertanyaannya itu menuntut ideologi partai yang menganut paham komunis tersebut dan paham itu dinilai tak sejalan dengan ideologi Pancasila. Namun saat itu Presdien Soekarno justru mengatakan jika bangkitnya PKI berasal dari dukungan rakyat yang harus mendapat perhatian dan diperjuangkan.

Dari obrolan sepanjang perjalanan dengan Bung Karno itu, Soeharto meyakini jika Soekarno tak akan menghilangkan PKI di Indonesia meskipun sering terjadi sejumlah pemberontakan. Menurut Soeharto, Bung Karno akan menggunakan kekuatan partai komunis itu untuk mempersatukan Indonesia. Bung Karno pun tak akan menghapus partai komunis ini meskipun telah terjadi G30SPKI dan juga meskipun sudah didesak oleh rakyat.

WAJIB BACA :  Dokumen CIA Ini Ungkap Ketegangan Antara Soekarno dan Soeharto Karena Kisruh PKI!

Hal itu semakin nyata setelah Bung Karno mengeluarkan konsep naskom (Nasionalis, Agama dan Komunis). Soekarno telah menyuarakan konsep itu tak hanya didalam negeri bahkan hingga dunia internsional. Konsep itu telah disampaikan dalam koferensi Asia-Afrika di Bandung, Jawa Barat tahun 1955 serta di disidang umum PBB.

Saat itu ketika rakyat menghendaki pembubaran PKI Soekarno justru mengatakan alasannya tak mau bubarkan partai komunis itu. Bung Karno berkata ‘Har (Soeharto), kamu sudah tahu bahwa saya ini bukan hanya pemimpin Indonesia, saya ini pemimpin dunia. Saya sudah terlanjur mengutarakan konsep nasakom itu ke dunia. Sekarang saya harus membubarkan PKI dan artinya saya harus cabut konsep saya itu. Mau diletakkan dimana muka saya ini’.

Baca juga : 10 Pahlawan Revolusi yang Jadi Korban Kekejaman G30SPKI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here