Mengintip Sejarah Taktik Perang Gerilya Jenderal Sudirman yang Buat Belanda Kelabakan!

    0
    3085
    Jenderal Sudirman
    Copyright©baca

    Mengintip Sejarah Taktik Perang Gerilya Jenderal Sudirman yang Buat Belanda Kelabakan!

    Indowarta.com – Kita pasti sudah tahu taktik perang gerilya Jenderal Sudirman. Namun tidak sedikit pula yang masih bertanya-tanya apa saja yang sudah dilakukan dalam perang gerilya tersebut, seperti halnya yang sudah dilakukan Jenderal Sudirman.

    BACA JUGA : 10 Pahlawan Revolusi yang Jadi Korban Kekejaman G30SPKI!

    Gerilya merupakan salah satu strategi perang yang sudah dikenal secara luas, karena taktik ini kerap kali digunakan selama masa perang kemerdekaan di Indonesia pada tahun 1950-an. Bagi para tentara taktik perang Jenderal Sudirman ini sangatlah efektif untuk digunakan, karena mereka dapat mengelabuhi, menipu, dan bahkan melakukan serangan secara kilat.

    Tidak hanya itu, taktik perang gerilya Jenderal Sudirman ini juga sangat efisien dan membantu pada saat menyerang musuh dengan jumlah cukup besar yang kehilangan arah dan mereka tidak dapat menguasai medan perang. Atau dapat juga dikatakan kalau taktik ini merupakan salah satu taktik perang dengan cara mengepung yang tanpa disadari musuh.

    Jenderal Sudirman,
    Copyright©kabarindonesia

    Sampai sekarang ini, taktik gerilya masih kerap digunakan oleh teroris untuk melakukan persembunyian. Jika mereka sudah menguasai medan, maka mereka akan langsung menguasi sandera, membunuh, dan berlatih, hingga menjadi seorang mata-mata, yaitu dengan cara berpindah-pindah dan menyerang lawan secara sembunyi-sembunyi tanpa diketahui.

    BACA JUGA : Kisah Pilu Sosok Ade Irma Suryani, Pahlawan Cilik dalam Tragedi G30SPKI!

    Salah satu tokoh dalam gerilya ini adalah Jenderal Sudirman dari Indonesia. Bahkan karena taktik perang gerilya Jenderal Sudirman ini sudah membuat seluruh pasukan dari Belanda ketar-ketir pada saat akan melawan pasukan gerilya dari Indonesia saat itu.

    Bahkan, taktik perang gerilya Jenderal Sudirman ini juga sudah ditiru oleh Ho Chi Minh pada kala itu, sehingga Vietnam Utara berhasil mengalahkan Vietnam Selatan dan bahkan Amerika Serikat.

    Perang gerilya ini merupakan salah satu peristiwa terbesar yang pernah terjadi di Tanah Air. Pada saat itu, Jenderal Sudirman yang mencetuskan dan memimpin perang tersebut. Adanya perang ini sudah membuat pasukan dari Belanda kocar-kacir.

    Dalam taktik perang gerilya Jenderal Sudirman, beliau telah memimpin pasukan dari atas tandu. Hal itu karena kondisinya yang sedang sakit akibat dari penyakit Bronchitis yang telah dialaminya. Adanya perang ini juga sebagai pembuktian rasa kekecewaan Jenderal Sudirman kepada Soekarno Hatta yang sudah mengambil keputusan untuk memilih jalur diplomasidi jika dibandingkan dengan berperang demi menjaga keutuhan NKRI.

    BACA JUGA : Mengintip Sejarah 5 Oktober yang Jadi HUT TNI!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here