MA Didesak Periksa Hakim Cepi Soal Putusan Setya Novanto!

0
1433
cepi iskandar
Copyright©tirto

MA Didesak Periksa Hakim Cepi Soal Putusan Setya Novanto!

Indowarta.com – Koalisi Masyarakat Sipil Anti-Korupsi sudah mendesak kepada Badan Pengawas Makamah Agung (Banwas MA) untuk memanggil hakim Cepi Iskandar, dengan tujuan untuk mempelajari keputusan yang sudah memenangkan Setya Novanto dalam sidang praperadilan. Hal ini karena keputusan tersebut sudah dianggap penuh kejanggalan.

BACA JUGA : MA Periksa Kemungkinan Sesuatu Dibalik Keputusan Hakim Cepi!

“Kami berharap Bawas MA segera memanggil Hakim Cepi. Jika memang ada pelanggaran kami minta Bawas MA menindak hakim Cepi,” kata perwakilan koalisi Kurnia Ramadhana setelah melaporkan hakim Cepi di kantor Bawas MA, Jakarta, Kamis (5/10).

Pihaknya mengatakan, salah satu kejanggalan dalam sidang praperadilan tersebut adalah pada saat Hakim Cepi sudah menolak memutarkan rekaman suara Setya Novanto yang telah diajukan oleh termohon yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

WAJIB BACA :  Hakim Perintahkan KPK Hentikan Penyidikan Soal Setya Novanto!

Padahal KPK menilai kalau rekaman itu merupakan salah satu bukti kuat bahwa Setya Novanto sudah terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan proyek e-KTP. “Kenapa (rekaman) itu tidak diakomodasi oleh hakim?” ungkap dia.

cepi iskandar
Copyright©tirto

Tidak hanya itu, Kurnia juga mempersoalkan pertimbangan dari Hakim Cepi yang menyatakan kalau penetapan tersangka tidak dapat dilakukan pada awal penyelidikan. Sehingga, Kunia menilai, alasan tersebut tidak masuk akal karena sudah menimbulkan polemik di sejumlah pihak.

BACA JUGA : Setya Novanto Dihadang, Hukum ‘Meradang’!

Dia menganggap, dengan dua alat bukti yang cukup milik KPK seharusnya sudah berhak untuk menetapkan seseorang untuk menjadi tersangka. “Jadi perdebatannya bukan (penetapan tersangka) di awal atau akhir penyidikan. Tapi apakah sudah punya alat bukti untuk jerat Novanto?” kata Kurnia.

WAJIB BACA :  Bimanesh Sutarjo, Didakwa Rekayasa Luka yang Dialami Oleh Setya Novanto!

Pihaknya menyakini kalau KPK telah memiliki alat bukti yang kuat untuk menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka. Ditambah, pemimpin KPK mengklaim kalau memiliki ratusan bukti untuk menjerat Ketua DPR tersebut.

Tidak cukup itu, Peneliti ICW ini juga masih meragukan alasan dari Hakim Cepi yang sudah menunda untuk menjalani pemeriksaan saksi ahli yang diajukan oleh KPK. Oleh karena itu, dia sudah meyertakan sejumlah barang bukti untuk melaporkan hakim praperadilan tersebut ke Banwas MA.

“Kami sudah punya bukti sekunder dari pemberitaan di media yang menunjukkan bahwa benar hakim Cepi menolak mendengarkan rekaman dari KPK dan menunda pemeriksaan keterangan ahli,” tutupnya.

BACA JUGA : RS Premier Beri Penjelasan Soal Kepulangan Setya Novanto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here