Elektabilitas Jokowi Makin Tinggi, Pesaingnya Jadi Makin Turun!

0
1822
Jokowi
Copyright ©poskotanews

Elektabilitas Jokowi Makin Tinggi, Pesaingnya Jadi Makin Turun!

Indowarta.com – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) telah melakukan survei pada awal September 2017, dalam survei yang dilakukan ini melibatkan 1.057 orang responden untuk diwawancarai. Margin eror dalam survei ini sekitar 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan yang mencapai 9,5 persen.

BACA JUGA : Berita Terkini: Belum Bahas Soal Cawapres, Golkar Diminta Naikkan Elektabilitas!

Direktur eksekutif Djayadi Hanan mengungkapkan, jika sekarang ini dilakukan pemilihan presiden, maka Joko Widodo atau Jokowi akan keluar sebagai pemenang dalam pemilihan tersebut. Hal ini karena elektabilitas Jokowi lebih unggul jika dibandingkan dengan pesainnya yaitu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

WAJIB BACA :  Gerindra Pesimis SBY Akan Dukung Prabowo di Pilpres 2019!

Dalam survei itu menunjukkan pada benak masyarakat (top of mind) presiden yang menjadi pilihan mereka adalah Joko Widodo. Survei ini menyatakan kalau elektabilitas Jokowi berada pada angka 38,9 persen.

Dibawah Jokowi ada nama Prabowo Subianto yang mendapatakan 12 persen, serta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan perolehan 1,6 persen. Ada beberapa tokoh lainnya yang sudah mendapatkan raihan suara dibawah satu persen.

Djayadi mengatakan, sejak Oktober 2015 hingga September 2017, kenaikan telah terjadi pada elektabilitas Jokowi. Hal ini dibuktikan dengan tingkat tepilihnya Jokowi pada Oktober 2015 lalu mencapai 25,5 persen sedangkan pada September 2017 ini angka tersebut mengelami kenaikan mencapai 38,9 persen.

WAJIB BACA :  Ini yang Dibicarakan Presiden Jokowi dan SBY di Teras Istana Negara!
Jokowi
Copyright ©tribun jambi

Disamping itu, elektabilitas Prabowo sendiri cenderung mengelami penurunan yang sebelumnya 13,6 persen menjadi 12 persen. Sedangkan elektabilitas dari SBY yang awalnya 4,5 persen menjadi 1,6 persen.

BACA JUGA : Demokrat Mengaku ‘Geli’ Lihat Survey SBY Dibawah Prabowo!

“Nama lain belum ada yang cukup kompetitif. Ini top of mind, dukungan solid yang agak sulit diubah,” ungkap Djayadi dalam penjelasannya di kantor SMRC, Cikini, Jakarta, Kamis (5/10/17).

Untuk tokoh lainnya yang belakangan ini telah menjadi perbincangan, yaitu Jenderal Gatot Nurmantyo, elektabilitasnya masih terpaut jauh dibawah Jokowi. Panglima Tentara Nasional Indonesia ini hanya mendapatkan suara 0,3 persen. “Masih rendah, masih jauh,” kata dia.

Djayadi menilai, tingginya elektabilitas Jokowi ini dipengaruhi dari kepuasan masyarakat atas kinerja yang sudah dilakukan. Djayadi mengatakan, sejak pertengahan 2016 lalu, kepuasan kinerja Presiden Jokowi cenderung stabil dan selalu diatas 60 persen.

WAJIB BACA :  Ketika La Nyalla Kesal Dimaki Prabowo Soal Uang Rp 40 M!

“Rakyat umumnya menilai kondisi berbagai sektor kehidupan makin membaik,” paparnya.

BACA JUGA : Jokowi Sedang Terancam, Prabowo Mulai Tenggelam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here